HALLO JANUARI


Hallo intelektual muda sekarang RAKANILA akan merangkum acara- acara dan kejadian yang terjadi di Universitas Lampung dan sekitarnya:

1. Acara Natal ini dilaksanakn di GSG Unila pada tanggal 6 januari 2014

Natal adalah berawal dari perjalanan seseorang misionaris yang bersama St. Bonifasius bersama dengan rombongannya melntasi hutan yang lebat dan diselimti oleh salju yang melhirkan suka cita juru selamat.
Acara ini diadakan agar kami selalu ingat akan arti natal sendiri, sehingga natal bisa menjadi kerinduan bagi kami
Cara menyatukan semuanya yaitu jangan membesar-bearkan perbedaan, jangan hidup pada prinsip manusia lama, kenakalan kasih kristus sebagai pengingkat yang menyempurnakannya
Makna natal bagi umat nasrani itu untuk menyambut serta merayakan sang juru selamat, yaitu Yesus Kristus sang penebus dosa manusia. Maka rayakanlah natal ini dengan penuh suka cita. Jangan ada dendam dan benci .

 2. Acara natal UKM khatolik
Acara natal merupakan acara tahunan yang selalu diadakan oleh UKM Katolik, sebagai salah satu ibadah mereka kepada Tuhan.
Acara yang dilaksanakan cukup sederhana, tepatnya di ruang sidang graha kemahasiswaan lt.2, acara natal ini dilaksanakan pada tanggal 6 januari 2014. Acara ini dihadiri oleh beberapa UKM-U dan juga perwakilan dari PR III.

3. Aksi BEM Dalam Memerotes Rektor di Unila
Ramai-ramai anak BEM-U unila bergabung dan berkeliling unila yang merupakan dalam aksinya untuk memerotes rector. Aksi ini berlangsung dari sekitran jam 14.30 s.d. selesai, tepatnya pada tanggal 16 januari 2014. Salah satu protes mereka yaitu tentang pendanaan bidikmisi yang hanya mendapatkan 3,6 jt dari 6jt rupiah.

4. Kecelakaan Mobil
Sekitaran pukul 19.05 terjadi kecelakaan yang lumayan hebat, sebuah mobil merah jazz menabrak sebuah motor. Kecelakaan tersebut terjadi di depan kampus IBI Darmajaya tepatnya pada tanggal 15 januari 2014. Kecelakaan tersebut terjadi karena mobil tersebut yang terlalu kebut dan juga ‘oleng’ sehingga menabrak motor yang berada di depannya “kata salah satu warga yang diwawancarai”.

5. Konferensi Bilingual
Acara IFL (Indonesian Future Leaders) chapter Lampung, Sumatera Peace Summit 2014
Konferensi ini merupakan konfrensi bilingual perdamaian dan resolusi konflik. Acara ini merupakan rangkaian acara dari Sumatra Peace Summit 2014. Acara ini dilaksankan di kampus IBI Darmajaya pada tanggal 17 januari 2104, dari jam 08.00 s.d. selesai.
Acara ini berlangsung 5 hari, 2 hari untuk materi dan 3 hari langsung terjun ke lapangan oleh beberapa peserta.
Pembicara dalam acara ini adalah:
  1.         Alissa Wahid (Tokoh Nasional)
  2.         Mikel Idiaquez (UNESCO)
  3.        C.C. Collin (Amerika Serikat)
  4.        Representatif International Committee of The Red Cross
  5.        Richard Rich (Indinesian Mural Art & Alumni Study of the US Institute)
  6.        Andhika Putra Sudarman (Delegasi Indonesia Dalam Harvard MUN)

6. Seminar 4 Pilar Kebangsaan
Seminar Nasional 4 Pilar Kebangsaan ini dilaksanakan pada tanggal 18 januari 2014 di GSG Unila, dimana seluruh maba (mahasiswa baru) 2014, mahasiswa beasiswa, mahasiswa yang akan kkn wajib mengikuti seminar ini. Seminar ini diisi oleh Pramono Edhie, dimana beliau merupakan seorang Jenderal.
4 Pilar Kebangsaan itu antara lain :
  1.          Pilar pertama bagi tegak kokoh berdirinya negara-bangsa Indonesia adalah Pancasila.
  2.         Pilar kedua bagi tegak kokoh berdirinya negara-bangsa Indonesia adalah UUD 1945.
  3.      Pilar ketiga bagi tegak kokoh berdirinya negara-bangsa Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4.        Pilar keempat bagi tegak kokoh berdirinya negara-bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika

7. Aksi BEM-U Menolak Partai Politik Masuk Kampus
Kuliah umum Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung diwarnai aksi demonstrasi mahasiswa setempat. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung menggelar aksinya di depan GSG Unila Bandarlampung, aksi ini dilakukan pada tanggal 18 januari 2014.
Mereka dalam tuntutannya menolak kampus dijadikan ajang politik praktis yang dibingkai dengan seminar menghadirkan sejumlah elit politik yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Legislatif maupun Presiden. Selain itu, mereka juga menolak atribut partai masuk kampus sehingga merusak citra kampus yang independen. Mahasiswa dengan mengenakan jaket almamaternya dalam aksinya tersebut secara bergiliran menyampaikan orasi-orasi berisi penolakan kampus dijadikan ajang politik praktis. Spanduk bertuliskan "Kampus kami bebas dari partai politik, jangan jual kampus kami," juga mewarnai aksi para pendemo.

8. Mapala Peduli Bencana Indonesia (20 januari 2014)
Mapala mendirikan sebuah posko, dimana posko tersebut digunkana sebagai tempat bagi orang-orang yang ingin menyumbang dan juga peduli terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) Unila bersama kelompok mahasiswa pecinta alam se-Lampung menggelar posko untuk penggalangan bantuan korban bencana. Menurut Lowo selaku anggota mapala berkata bahwa aksi ini merupakan kepedulian anggota Mapala se-Lampung terhadap korban bencana.
“Selain di Bandarlampung, penggalangan bantuan juga dilakukan di Metro dan Kalianda,” ungkapnya. Pengiriman bantuan, lanjut Rizki, dilakukan dalam dua tahap. “Tahap pertama, bantuan berupa satu karung pakaian layak pakai dan uang Rp6,5 juta sudah disalurkan ke korban erupsi Gunung Sinabung akhir Januari lalu. Lalu bantuan kelambu dan selimut untuk korban banjir di Tulangbawang,” paparnya. Lowo juga menegaskan jika bantuan disalurkan melalui jaringan Mapala se-Indonesia.

9. Pengenalan Webo Matric oleh Kepala Puskom Di Rektorat Unila
Webometrics digunakan sebagai alat pengukur World Wide Web(www) atau situs web untuk dapat mengetahui jumlah hyperlink, jenis  hyperlink, struktur  website, dan pola penggunaannya. Peringkat webometrics dinilai dari empat indikator, visibility (50%) yakni jumlah tautan eksternal spesifik yang diterima situs web, size (20%) yakni seberapa banyak subdomain atau halaman yang berada dibawah domain pada website universitas. Rich file (15%), jumlah halaman yang diperoleh dari mesin pencari internet, scholar (15%), jumlah artikel ilmiah dan situs yang diperoleh dari google scholar. Dan sayangnya Unila mengalami penurunan rangking dalm hal ini. Peringkat webometric Unila per Juli 2011 mengalami penurunan ke posisi 25 nasional versi www.webometric.info. Sebelumnya pada Januari 2010 peringkat Unila berada di posisi 19. Dalam versi lain melalui www.4icu.org, Unila bahkan menempati rangking 31 nasional. Unila kalah jauh dari Universitas Sriwijaya yang berada di posisi 13 nasional.

10. ATM BNI Unila Kebobolan Di Unila
Siang hari di depan ATM BNI Unila begitu banyak polisi dan juga orang-orang yang mengelilingi ATM BNI Unila, dan ATM tersebut juga disegel. Ternyata terjadi kebobolan ATM BNI yang terjadi pada siang hari, tepatnya Selasa, 14 Januari 2014.
“Untuk beberapa hari, ATM BNI tidak dapat digunakan dan disegel” ujar polisi. Untungnya pada ATM tersebut hanya Rp 200.000,00. Jadi pihak BNI tidak terlalu merugi dalam musibah yang terjadi.

11. Tabliq Akbar di Masjid Al-Furqon
Tabliq Akbar yang diadakan di masjid Al-Furqon bertema “Membangun Karakter Melalui Iman dan Taqwa”.
Acara ini diadakan pada 27 Januari 2014, acara ini dihadiri dari berbagai macam himpunan pengajian ibu-ibu yang ada di Bandar Lampung. Dalam ceramah ini mengundang pembicara Ust.Wijayanto, dalam ceramahnya beliau mengajarkan bahwa kita harus membangun karakter bangsa kita yaitu bangsa Indonesia dengan menanamkan Iman kepada Allah SWT, dan juga kita harus menumbuhkan rasa taqwa kepada Allah SWT, jika rasa iman dan taqwa telah tumbuh maka, akan tumbuh dan berkembang suatu karakter dan juga kepribadian yang beretika dan juga berkarakater, sehingga menjaga kita dalam semua tindakan yang kita perbuat.

12. Acara  Pre Event SAIMALA JOANG
Acara ini merupakan acara yang diadakan sebelum diadakannya event try out Universitas Indonesia. Acara ini berupa pertandingan basket se-Lampung kategori pelajar. Acara ini diselenggarakan pada 25 januari 2014 di GOR Saburai. Acara ini juga mendatangkan Denny Sumargo sebagai guess star mereka, dimana Denny Sumargo akan tampil sebagai bintang dan akan bertanding bagi tim basket yang masuk ke dalam 3 besar. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan SAIMALA JOANG yang merupakan keluarga mahasiswa Lampung yang berjuang sebagai mahasiswa UI.

13. Try Out Universitas Telkom Dan Talk Show with Arif Muhammad (@pocongggg)
Try out ini diselenggrakan pada Kamis, 26 Januari 2014 di GSG Ernawan. Acara try out ini bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Telkom oleh mahasiswa Telkom yang berada di Lampung, dan juga member pengetahuan tentang soal ujian masuk Universitas Telkom kepada siswa-siswi SMA yang berminat masuk ke Universitas Telkom.
Acara ini mendatangkan guess star salah satu artis twitter dan juga penulis sebuah buku komedi, yaitu Arif Muhammad yang lebih dikenal dengan poconggggg. Arif juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA yang akan menghadapi UN, SBMPTN, dan juga tentunya ujian untuk masuk Universitas Telkom Indonesia.


Posting Komentar

0 Komentar