Acara Muli Mekhanai 


Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 februari di FKIP gedung H.
Audisi petama yang dilakukan di kampus bertempat di Unila, banyak sekali yang mengikuti acara ini karena acara ini terbuka untuk umum, konsep acara ini masih sama dengan tahun lalu yaitu membudayakan Lampung, agar kebudayaan ini tidak hilang, dan untuk syarat-syarat peserta yang mengikuti muli mekhanai ini kategori SMA dan Mahasiswa/i, yang penting umurnya 17-25 tahun kata “ketuplak acara yang bernama kak Wira”.
Dan untuk penggunaan bahasa pada waktu wawancara tetap menggunakan bahasa Indonesia, dan apakah harus pintar berbahasa lampung?
Yang penting ketika orang-orang berbicara bahasa lampung para peserta calon muli mekhanai setidaknya mengerti, walaupun mereka tidak bisa berbicara langsung bahasa lampung, karena mereka akan membawa nama Lampung kemana pun mereka berada, dan juga minimal pintar berbahasa inggris, dan mempunyai pengetahuan yang luas.
Tinggi untuk para calon muli mekhanai minimal 165 cm, dan berat juga ideal. Tujuan dari muli mekhanai ini agar orang-orang di daerah lain mengetahui bagaimana kebudayaan lampung, keindahan lampung yang diwakili oleh muli mekhanai Lampung, dan juga muli mekhanai ini yang akan dikirim ke provinsi-provinsi ataupun kota-kota yang ada di Indonesia untuk mewakili Lampung. Dan muli mekhanai ini juga yang mana yang terbaik akan diikuti finalis putri Indonesia seperti yang telah kita ketahui finalis putri Indonesia tahun ini yaitu Febri Putri Utami yang merupakan anak muli mekhanai Lampung juga.
Untuk penempatan audisi kenapa harus di FKIP karena memang disini mereka di ACC untuk melakukan audisi, dan untuk 2 tahun kemarin mereka melakukan audisi di gedung FISIP, dan audisi di unila ini tidak hanya dilakukan pada tanggal 27 februari saja melainkan juga pada tanggal 1 maret 2014 acaranya sama berlangsung dari jam 9.00 – 17.00.
Mereka berharap dengan diadakannya muli mekhanai Lampung ini, bisa menjadikan lampung menjadi kota yang lebih maju, lebih terdidik, dan kebudayaannya lebih dikenal oleh banyak orang, dan harapan audisi yang dilakukan di unila agar banyak mahasiswa/i yang tertarik untuk mengikuti audisi muli mekhanai ini. Karena begitu banyak pengalaman yang di dapat ketika mengikuti acara ini.

Posting Komentar

0 Komentar