Hallo Februari
Hallo intelektual muda gak terasa bulan penuh cinta ini akan berakhir dan sekarang RAKANILA akan merangkum acara- acara dan kejadian yang terjadi di Universitas Lampung dan sekitarnya, yuk kita lihat:

Acara Himasakta Pada Tanggal 27 Februari 2014
Acara himasakta ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2014 bertempat di FKIP depan aula K, acara ini bertema Gempita Himasakta yang merupakan rangkaian acara yang diadakan tahunan. Acara ini berlangsung selama 3 hari, tanggal 27 Februari merupakan acara grand opening yang dimeriahkan dengan berbagai macam bazaar yang tersedia.
Acara ini berisikan lomba-lomba tingkat SMA Sumbagsel atau Sumatra bagian selatan. Acara ini merupakan acara olimpiade sains tingkat SMA yang meliputi pelajaran biologi, fisika, matematika, kimia.
Acara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2014. Acara ini ada 13 lomba tetang sains tentunya, salah satunya adalah lomba karya ilmiah juga.
Dan pada acara puncak akan diumumkan siapa saja pemenang dari olimpiade dan juga lomba-lomba lainnya.

Gempita Himasakta
Acara ini diselenggarakan dengan tema “Gebyar Eksakta”, acara ini merupakan program kerja dari bidang pendidikan, dengan tujuan memberikan pengetahuan dan juga berbagai pengalaman para pelajar Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan). Acara ini diikuti oleh pelajar siswa tingkat SMP dan SMA jurusan IPA.
Acara ini meliputi pengumpulan barang bekas, lomba cerdas cermat meliputi mata pelajaran matematika, biologi, fisika, dan kimia, lomba madding, dan juga bazaar. Acara ini digelar di FKIP tepatnya di Pelataran Gedung K, pada 27 Februari 2014.

Acara Muli Mekhanai Hari Kamis Tgl 27 Februari 2014
Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 februari di FKIP gedung H.
Audisi petama yang dilakukan di kampus bertempat di Unila, banyak sekali yang mengikuti acara ini karena acara ini terbuka untuk umum, konsep acara ini masih sama dengan tahun lalu yaitu membudayakan Lampung, agar kebudayaan ini tidak hilang, dan untuk syarat-syarat peserta yang mengikuti muli mekhanai ini kategori SMA dan Mahasiswa/i, yang penting umurnya 17-25 tahun kata “ketuplak acara yang bernama kak Wira”.
Dan untuk penggunaan bahasa pada waktu wawancara tetap menggunakan bahasa Indonesia, dan apakah harus pintar berbahasa lampung?
Yang penting ketika orang-orang berbicara bahasa lampung para peserta calon muli mekhanai setidaknya mengerti, walaupun mereka tidak bisa berbicara langsung bahasa lampung, karena mereka akan membawa nama Lampung kemana pun mereka berada, dan juga minimal pintar berbahasa inggris, dan mempunyai pengetahuan yang luas.
Tinggi untuk para calon muli mekhanai minimal 165 cm, dan berat juga ideal. Tujuan dari muli mekhanai ini agar orang-orang di daerah lain mengetahui bagaimana kebudayaan lampung, keindahan lampung yang diwakili oleh muli mekhanai Lampung, dan juga muli mekhanai ini yang akan dikirim ke provinsi-provinsi ataupun kota-kota yang ada di Indonesia untuk mewakili Lampung. Dan muli mekhanai ini juga yang mana yang terbaik akan diikuti finalis putri Indonesia seperti yang telah kita ketahui finalis putri Indonesia tahun ini yaitu Febri Putri Utami yang merupakan anak muli mekhanai Lampung juga.
Untuk penempatan audisi kenapa harus di FKIP karena memang disini mereka di ACC untuk melakukan audisi, dan untuk 2 tahun kemarin mereka melakukan audisi di gedung FISIP, dan audisi di unila ini tidak hanya dilakukan pada tanggal 27 februari saja melainkan juga pada tanggal 1 maret 2014 acaranya sama berlangsung dari jam 9.00 – 17.00.
Mereka berharap dengan diadakannya muli mekhanai Lampung ini, bisa menjadikan lampung menjadi kota yang lebih maju, lebih terdidik, dan kebudayaannya lebih dikenal oleh banyak orang, dan harapan audisi yang dilakukan di unila agar banyak mahasiswa/i yang tertarik untuk mengikuti audisi muli mekhanai ini. Karena begitu banyak pengalaman yang di dapat ketika mengikuti acara ini.

Gathering Kaskus Regional Lampung di Pantai Klara
Acara ini dilselenggarakan di Pantai Klara (Kelapa Rapat) pada hari Minggu, 16 Februari 2014. Acara ini merupakan acara silahturahmi, karena anggota maupun pengurus kakus sendiri berasal dari berbagai daerah Lampung, bukan hanya Bandar Lampung saja.
Acara brlangsung dari jam 08.00 di depan GOR Sabuari, lalu dilanjutkan ke Pantai Klara. Acara ini dimulai dengan memperkenalkan agan dan aganwati dan juga nama samara di kaskus.

Acara Reborn Production Party of Saturday Night with guess star Ferly Putra
Acara ini merupakan acara yang diadakan salah satu EO dari Reborn Production yang mendatangkan salag satu artis FTV dan juga DJ yaitu Ferly Putra. Acara ini diadakan di novotel, Sabtu, 1 Februari 2014.
Acara ini berlangsung dari jam 19.00 s.d. selesai. Ini merupakan acara pesta dengan tema “Big Party of Saturday Night”.

Try Out Mahasiswa  Universitas Indonesia
Acara ini digelar tepatnya Minggu, 2 Februari di GSG Unila. Acara ini merupakan acara puncak dari acara SAIMALA JOANG yang salah satunya mengadakan pertandingan basket tingkat SMA se-Lampung, acara ini digelar dari jam 07.30 sampai dengan selesai.
Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari macam-macam daerah bagian Lampung, bukan hanya siswa dari Bandar Lampung saja, dan rata-rata dari mereka kebanyakan minat sekali untuk masuk UI, dan acara ini bertujuan untuk membantu siswa-siswa SMA untuk menghadapi SBMPTN dan juga member pengetahuan tentang UI secara Luas.

Seminar Miracle Of Woman
Acara ini bukan hanya menampilkan seminar yang mengangkat tema “Miracle of Woman” yang intinya adalah menjadikan wanita mandiri, peduli, dan cantik. Tetapi adapun acara lain seperti donor darah dan tutorial hijab. Acara ini diselenggarakan 8 februari 2014 di gedung HMI Lampung.
Donor darah dilaksanakan sebelum acara seminar dan setelah acara seminar yaitu acara tutorial hijab, dimana seorang tutor mengajarkan berbagai macam bentuk memakai jilbab, sehingga walaupun berhijab wanita bisa tetap tampil cantik.

Try Out UNDIP
Try Out Universitas Diponegoro dilakukan pada dua fakultas Unila, yaitu fakultas pertanian dan teknik. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2014.
Akan tetapi untuk acara puncak mahasiswa Universitas Diponegoro ini diselenggarakan di GSG Polinela Lampung, karena GSG unila ada beberapa hal yang tidak memungkinkan untuk dapat perizinan sewa. Acara ini tentunya bertujuan untuk mengenalkan Universitas Diponegoro lebih dalam lagi dan juga member pengetahuan siswa-siswa SMA tentang SBMPTN sehingga mereka terbiasa dalam simulasi dan tidak kaget ktika ada pada kondisi yang asli.

Loka Karya dan Pelantikan Kopma
Loka karaya dan juga sekaligus pelantikan kopama dimana ada beberapa anggota kopma menjadi pengurus. Dan Ketua Umum yang baru terpilih adalah Luvian Hendri.
Acara ini dilaksanakan pada 9 Februari di Gedung Balai Bahasa Lt.1.
Pengambilan sumpah serta janji-janji telah dilontarkan dalam gedung tersebut yang harus mereka jalani dalam kepengurusan satu tahun.

Acara AIESEC Diadakan Pada Tanggal 15 Februari Di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung
Di acara tersebut terdapat pelajar yang mengikuti study exchange, mereka dari empat negara berbeda yaitu ada New Zealand yang benama Bianca, Tanzania benama Renata, Korea benama Dji won, dan China bernama Yung hi. Masing-masing dari mereka memperkenalkan kebudayaan mereka dari negaranya masing-masing. Sesuai acara AIESEC pada hari sabtu kemarin meliputi Study exchange participant community, Korea hanbok, exchange fair,  speech competition from school partner,  TN taker performance, China town.
Penampilan pertama yaitu dari Korea, Dji won memperkenalkan kebudayaannya yang dikenal dengan negara yang banyak boyband or girlband, dia juga menanyakan kepada pengunjung hari itu bahwa apakah kalian mengenal Big Bang? SNSD? Tentu saja banyak yang tahu, para audience pun menjawab of course, we know. Dji won menceritakan tentang keindahan-keindahan yang ada di negara Korea. Lalu makanan-makanan khas korea, dan juga rumah-rumah kerajaan disana, dan juga pakaian khas Korea yang kita kenal dengan Hanbok. Dji won saat performance memakai pakaian hanbok dan benar-benar cantik. Dan ternyata dia sangat menyukai Afgan dan di akhir performance dia menyanyikan salah satu lagu afgan “Jodoh Pasti Bertemu” kata Dji Won afgan tampan, smart.  Dan dia juga sempat manari dengan salah satu audience dan juga Bianca dari New Zealand mereka menarikan Gangnam style. Dia juga membuka stan yang berisi makanan seperti mie dari korea, juga asesoris, dll. Itu semua diperkenalkan kepada kita agar kita juga mengerti kebudayaan mereka. Ada juga jika kita ingin mengambil foto dengannya juga diizinkan, Dji won sangat ramah, malah dia yang menawarkan ingin foto atau tidak.
Penampilan kedua yaitu Renata mahasiswi dari Tanzania, dia memperkenalkan bagaimana kebudayaan Tanzania itu sendiri, makanan khas, dan juga pakaian khas di Tanzania. Dan dia menanyakan apakah kami mengetahui Tanzania atau tidak. selain dari penampilannya juga renata menyiapkan stan yang isinya barang-barang dari negaranya. Di stannya terdapat batu asli yag terdapat di film Narnia, juga terdapat kain yang tepat ditengah kain itu terdapat foto obama yang dijait sendiri oleh ibunya, dan terdapat juga foto-foto seperti foto singa salah satunya yang merupakan binatang yang paling banyak terdapat disana. Ada juga kalung yang dipakai untuk tarian dari negaranya, dan juga baju dan rok khas Tanzania. Renata termasuk orang yang ramah karena ia selalu mengajak bercanda ketika audience main ke stannya untuk bertannya. Ketika diwawancarai ternyata ia mengetahui sambal seruit, dan dia sangat menyukai sambal seruit, dan sempat jalan-jalan ke Mutun juga.
Penampilan ketiga yaitu dari China yaitu Georgia. Terlihat tomboy tetapi cantik ia memperkenalkan kebudayaan China, dan tempat-tempat China yang indah, makanan, juga rumah khas China, dia juga mengatakan bahwa di negaranya itu mayoritas beragama Budha-Hindu. Ketika saya mewawancarainya dia sampai ke Lampung ini sekitar seminggu terakhir Januari, dan dia juga ingin ke Jakarta, Bali. Pokoknya dia juga ingin sekali keliling Indonesia, sayangnya dia kurang suka seruit dia hanya suka ayamnya saja katanya, selama di Lampung mereka jalan-jalan bersama anak-anak AIESEC, jadi selama di Lampung juga bule China ini tidak mau ketinggalan untuk memjelajahi Provinsi Lampung. Dan menurutnya kebudayaan Provinsi Lampung sangat menyenangkan. Dan juga disini sangat sering sekali melihat orang “Salim” .
Acara keempat juga ada Bianca dari New Zealand. Bianca ini sangat tinggi tapi berisi juga badannya, tidak jauh beda dengan bule tiga tadi, Bianca juga memperkenalkan kebudayaan negaranya, member tahu dimana saja tempat-tempat yang indah di Newzeeland, dan menanyakan apakah kami tertarik untuk mengunjungi negaranya. Dan dia juga sempat bilang bahwa jika Newzeeland itu bagian dari Australia, itu semua bohong, newzeeland ya newzeeland. Saat perform Bianca memakai pakaian khas Tanzania milik Renata, dan ketika perform ke depan dia juga sempat memanggil renata untuk member contoh kepada audience bagaimana cara bersalaman orang New Zealand. Dan ketika diwawancarai ternyata Bianca sangat tidak suka dengan durian karena baunya yang tidak enak katanya, dan juga tidak suka dengan seruit. Dan dia juga sangat menikmati kebudayaan di Lampung, dan sama dengan bule China tadi yang paling dia hapal adalah cara orang-orang menghormati disini adalah “Salim” katanya.
Sesudah acara performance dari keempat bule tadi, mereka menarikan tarian bedana. Walaupun agak acak-acakan tapi tetep salut karena mereka belajarnya benar-benar dadakan, mereka latihan di taman budaya Lampung. Ketika di akhir acara semua panitia AIESEC dan juga keempat mahasiswi study exchange melakukan menari bersama, biar menghilangkan lelah.

ACARA TRY OUT UNPAD PADA TANGGAL 16 FEBUARI 2014

Pada tanggal 16 Februari diadakan Try Out Unpad di GSG unila. Acara ini ditujukan untuk anak-anak sma yang ingin menguji kemampuan mereka sampai dimana kemampuannya, dapat diterima di PTN mana ya saya, dan juga sebelum diadakannya try out ini, anak-anak Lampung yang kuliahnya di unpad ini road show ke sekolah-sekolah, member info bagaimana sih unpad itu, tujuannya agar mereka tertarik untuk study ke Unpad. Dan sebelumnya pun mereka mengadakan acara donor darah di hari-hari sebelum tanggal 16 februari ini. Dan juga pada acara puncak ini mereka mendatangkan band yaitu Police Militia. Jadi acara pun berlangsung meriah cuman itu band datengnya sekitar jam setengah tiga. Tetapi walaupun telat datangnya panitia tetap berusaha untuk membuat anak-anak SMA yang ikut TO untuk tetap sabar menunggu. 

Posting Komentar

0 Komentar