Ponsel Android Nokia Pertama Segera Dirilis

Tampilan antarmuka ponsel pertama Nokia berbasis OS Android [foto ilustrasi] 

Nokia dikabarkan akan segera merilis ponsel pintar Android pertamanya pada pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, yang digelar bulan ini.

Melansir Greenbot, Rabu 12 Februari 2014, laman Wall Street Journal mengatakan, seorang sumber menguatkan rumor yang yang berhembus kencang itu.

Usut punya usut, ternyata Nokia sudah mengembangkan ponsel Android sebelum bekerja sama dengan Microsoft lebih dari dua tahun silam.

Ponsel Android yang dimaksud itu juga tak seperti ponsel Android umumnya. Disebutkan ponsel ini tak termasuk pusat aplikasi Google Play, Gmail, dan fitur game multiplayer lainnya. Konon, ponsel ini dihadirkan khusus untuk pasar negara berkembang dan diberi nama Normandy.

Ponsel Android versi Nokia hanya dilengkapi dengan aplikasi pemetaan besutan Nokia, HERE, yang bukan bagian dari proses akuisisi Microsoft. Karena menyasar pasar berkembang, sangat besar kemungkinan ponsel ini tak akan dilengkapi spesifikasi tinggi seperti kamera canggih dan hardware super.

Sebaliknya, ponsel Android ini kemungkinan hadir dengan spesifikasi hardware low-end bergaya sport dan kamera sederhana tanpa layanan Google. Tanpa layanan Google, rasanya ponsel ini kurang afdhol disebut sebagai ponsel Android.

Beberapa pihak melihat langkah Nokia ini bertentangan dengan kepentingan Microsoft. Sebagaimana diketahui, divisi piranti keras Nokia pada tahun lalu telah diakuisisi Microsoft. Namun, sebagian yang lain mengacungi jempol langkah berani Nokia itu. Sebab, Android merupakan raja sistem operasi mobile di dunia.

Nokia bisa memanfaatkan popularitas Android di pasar negara berkembang. Dengan fokus mengejar seluruh pemain kunci pasar ponsel, Nokia terkesan butuh langkah seribu.

Sementara hampir semua kompetitor Nokia telah mengembangkan Android sebagai sistem operasi perangkat mobilenya, dan tentu termasuk layanan Google sepenuhnya.

Menarik untuk ditunggu gebrakan Nokia pada ajang MWC di Barcelona 24-27 Februari 2014.

 

sumber: http://teknologi.news.viva.co.id

 

Posting Komentar

0 Komentar