Hallo Maret 


Hallo intelektual muda sekarang RAKANILA akan merangkum acara- acara dan kejadian yang terjadi di Universitas Lampung dan sekitarnya:

Ulang Tahun Teknokra Ke-37
Hari sabtu tanggal 1 Maret 2014 UKM Teknokra merayakan ulang tahunnya yang ke-37. Acara diselenggarakan di tempat UKM Teknokra, dan berlangsung secara sederhana. Acara mulai dari jam 16.00 hingga 17.30. Ini merupakan acara yang sangat sederhana, hanya sekedar membaca do’a bersama dan juga makan-makan. UKM yang diundang untuk acara ini hanyalah UKM yang berada di Gedung Kemahasiswaan, dan alhamdulilah tamu yang diundang oleh UKM Teknokra datang semua pada 1 Maret tersebut. Dan ketika saya bertanya, “apakah UKM Teknokra tetap mencari berita walaupun liburan semester?” dan ternyata jawabannya adalah “iya”. Karena selama liburan mereka tetap mencari berita-berita dari sumber yang terakurat, dan juga tetap menyiapkan tabloid teknokra untuk diberikan kepada mahasiswa unila.
Acara berlangsung khidmat. Dengan rangkaian acara pembacaan surat yasin, siraman rohani dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi, Pemimpin Usaha, dan Kapuslitbang yang diberikan kepada alumni yang hadir. Acara ditutup dengan foto bersama.

1 Maret 2014 Ulang Tahun UKM Kopma Ke- 32.
Acara yang mengangkat tema “Kenang Memory Lewat Silaturahmi” ini dimulai pukul 20.00 WIB. Guyuran hujan tak menghalangi keakraban antar alumni maupun antara alumni dengan pengurus UKM Kopma. Meskipun sejak dimulainya acara, acara ini diguyur hujan lebat dan guntur, namun kegiatan tetap berjalan lancar. Selain itu acara ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta. Peserta tersebut terdiri dari alumni UKM Kopma, pengurus dan magang UKM Kopma, serta tamu undangan.
Acara puncak ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh alumni dan dilanjutkan dengan acara hiburan, nyanyi bareng dan sharing bersama hingga acara berakhir sekitar pukul 23.30 WIB.

6 Maret 2014 BEM U Mempermudah Mencoblos untuk Para Mahasiswa yang Tak Harus Pulang Kampung 
Mahasiswa yang berasal dari luar kota bandarlampung, jangan bingung-bingung lagi jika ingin mencoblos tapi males pulang kampung karena tanggung. Karena BEM U menyiapkan posko untuk mempermudah untuk mahasiswa yang ingin menyoblos tanpa harus pulang kampong, BEM bekerjasama dengan KPU kota Bandarlampung. Dengan mahasiswa datang dan mendaftar ke posko BEM U yang telah mereka siapkan, mahasiswa dapat menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat. Mahasiswa hanya perlu membawa KTP dan mengisi formulir yang telah disediakan.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengurangi tingkat golput. Dengan adanya pemindahan TPS, BEM berharrap mahasiswa yang berasala dari luar kota bandarlampung dapat menggunakan hak suaranya dengan baik dan benar dan tidak harus pulang kampong, ataupun memilih golput karena mungkin tidak mempunyai cukup waktu untuk pulang kampong.
Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 5 Maret 2014 di Graha Kemahasiswaan Unila Lt.1. Rencananya mereka akan membuka posko tersebut sampai tanggal 19 Maret 2014. BEM U juga menyiapkan call center yaitu 0721-9077111 untuk infomasi lebih lanjut. Untuk hari pertama terdapat 26 orang yang telah mendaftar dan regitrasi.

8 Maret 2014, Dies Natalis XV, FMIPA Matematika UNILA
Jurusan matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengadakan dinamika (Dies Natalis) XV. Mereka memberi tema “Mathematic Is The Beginning Of Technological Advancement”. Acara ini terdiri dari enam rangkaian kegiatan daerah dan juga kegiatan nasional. Acara ini merupaka rangkaian acara yang dilaksanakan pada tanggal 8-16 maret. Selain pembukaan, acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai tingkat TK dan SD, lomba olimpiade tingkat SD, SMP, dan SMA, dan juga lomba cerdas cermat tingkat SMA se-Lampung. Selain lomba panitia juga menggelar bazaar yang dilaksanakan pada pelatran FMIPA Unila. Puncak acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 16 maret 2014 yang merupakan seminar nasional yang bertemakan “Untuk Indonesia Bebas Korupsi”. Acara seminar nasional tersebut dilaksanakan di gedung ernawan khua jukhai pahoman. Acara ini mengundang wakil ketua KPK Muhammad Busyro Muqqodas, Mustofa Usman, dan wakil presiden 2 dari Indonesian mathematical society, Prof.Zulkardi sebagai pembicara. Acra ini juga mendatangkan bintang tamu yaitu Joe Shandy, yang merupakan pesulap, untuk menghibur dan merefresh para audience seminar nasional tersebut. Joko budianto, selaku ketua pelaksana dari acara dinamika ini berharap acara ini akan berjalan lancar, menambah pengetahuan lebih mendalam lagi tentang ilmu matematika dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Aksi Birohmah Unila
Pada tanggal 10 maret 2014, disekitaran jalan unila ramai sekali orang-orang yang ternyata saya dekati adalah para mahasiswa UKM Birohmah, mereka membagikan sarapan yaitu sebuah roti, dan juga selebaran, dan ternyata mereka melakukan aksi itu demi meningkatkan kaum intelektuak muda untuk mengikuti BBQ karena banyak sekali para intelektual muda dan yang tidak berminat untuk mengikuti kegiatan ini, padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika mengikuti kegiatan ini.
Kalo kata mba ukhti BBQ itu bikin hidup lebih berarti, jadi para intelektual muda yang muslim jadi rajin sholat, bisa ngaji, dapet teman banyak. Dan juga kamu bisa sharing masalah kamu ketika BBQ, jadi banyak banget manfaat yang didapat, banyak banget hal positive yang bisa kalian dapat.

12 Maret 2014, Unila Bentuk Forum Tanggap Bencana
Unila merupakan salah satu universitas yang terpilih untuk membentuk forum tanggap bencana. Forum tanggap bencana ini merupakan tindak lanjut dari hasil seminar dan loka karya yang bertema “ mendorong peran strategis mahsiswa dalam sistem penggulangan bencana di Indonesia, yang diadakan pada tanggal 16-17 maret 2014, dan unila mendelegasikan nuraini indriyani jurusan bimbingan konseling angkatan 09  sebagai perwakilan.
Forum tanggapan bencana ini diikuti oleh enam UKM U yaitu, Teknokra, Mapala, Menwa, KSR, Rakanila, dan Pramuka. Pemilihan keenam ukm u tersebut didasarkan pada kemampuan dasar ukm. Dan forum ini juga dibagi menjadi 4 divisi yaitu divisi pendidikan pelatihan, rescue, sosial, serta divisi publikasi.
1.      Pelatihan Pendidikan Dasar Perkoperasian Di Lantas Polda Lampung Bulan Maret
2.      Pelatihan Pendidikan Dasar Perkoperasian Di Knpi Lampung Bulan Oktober
3.      TWKM (Temu Wicara Dan Kenal Medan)

Heritage di Gedung DCC
Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Pelayanan Mahasiswa (PMK) Sion Institute Teknologi Bandung bersama persekutuan do’a seluruh Universitas di Bnadar Lampung, yang diberi nama HERITAGE yang merupakan singkatan dari Heroic Initiative to Salvage.
Acara ini dilaksanakan pada 8 Maret 2014, di Kampus DCC tepatnya di Aula Wisma Bandar Lampung, acara ini merupakan acara keagamaan yang mengangkat tema “Bangkitlah, Menjadi Teranglah, Sebab Terangmu Datang, dan Kemuliaan Tuhan Terbit atasmu”. Pembicara dalam acara ini adalah alumni-alumni dari ITB. Tujuannya adalah menjadikan generasi penerus bangsa khususnya para mahasiswa di Lampung menjadi orang-orang yang mempunyai tujuan hidup yang jelas dan juga tidak pernah melupakan Tuhan.

Detrusor (Dream Through Us For Being A Doctor)
Detrusor merupakan acara yang diselenggarakan oleh Executive Apprentice BEM FK Unila, dan Detrusor merupakan kepanjangan dari Dream Through Us For Being A Doctor, acara ini diperuntukkan buat seluruh  pelajar SMA yang ingin menjadi seorana doctor dan juga memperkenalkan fakultas kedokteran ke pelajar-pelajar SMA. Dalam acara ini juga diberi informasi tentang bagaimana untuk memperoleh di fakultas kedokteran Unila sebagaimana aktivitas akademik di FK, dan juga para peserta dapat memperoleh kesempatan untuk merasakan bagaimana mengagumkannya menjadi seorang mahasiswa FK, dan bertukar pikiran dengan para senior di FK. Acara ini diselenggarakan pada 9 Maret 2014 di Fakultas Kedokteran Unila.


Posting Komentar

0 Komentar