Jambi

Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "o".
Potensi
Minyak bumi 
Cadangan minyak bumi Provinsi Jambi sebesar 1.270,96 juta m3. Cadangan minyak bumi antara lain terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, struktur Kenali Asam, Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kabupaten Batanghari.
Gas bumi 
Cadangan gas bumi Provinsi Jambi sebesar 3.572,44 miliar m3. Cadangan tersebut sebagian besar terdapat di Struktur Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Muara Jambi dengan jumlah cadangan 2.185,73 miliar m3.
Batu bara 
Cadangan batubara Provinsi Jambi sebesar 18 juta ton, yang merupakan batubara kelas kalori sedang yang cocok digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Muara Bungo.
Perkebunan
Komoditas perkebunan yang sangat dominan adalah Karet dan Kelapa Sawit. Hal ini didukung dengan program Pemerintah Derah Provinsi Jambi yaitu “Pengembangan Kelapa Sawit Sejuta Hektar” serta “Replanting Karet”. Selain itu, casiavera juga banyak dibudidayakan terutama di daerah Kerinci.

5 Tempat Wisata di Jambi yang Menarik | Jambi memiliki berbagai objek wisata populer yang dapat Anda jadikan tempat untuk liburan ketika sedang berkunjung ke Jambi. Nama Jambi juga merupakan sebuah nama Propinsi sekaligus nama dari Ibukota Propinsi tersebut. Dimanapun Anda berada, kami akan menyediakan info tempat wisata yang menarik dan dapat Anda jadikan destinasi wisata. Beberapa waktu yang lalu sudah kami bagikan info tempat wisata di Pekanbaru dan Wisata Padang.

Menjelajahi pulau sumatera mulai dari ujung menuju tempat wisata di aceh dan wisata medan yang menarik dan sekarang kami akan mengajak Anda untuk menuju wisata jambi yang daya tariknya juga tidak kalah. Liburan akan serasa kurang jika tidak mengujungi wisata-wisata yang wajib di kunjungi di kawasan tempat kita berlibur.

Inilah 5 Tempat wisata di Jambi yang dapat Anda jadikan destinasi wisata di kota Jambi.

1. Taman Mini Kota Jambi
Taman Mini Jambi
Taman Mini Jambi
Jika Anda dapat menemukan Taman Mini Indonesia Indah di kota Jakarta yang merupakan salah satu wisata jakarta paling populer, di kota Jambi Anda dapat menemukan Taman Mini Jambi yang lokasinya berada di samping kebun binatang Taman Rimba dan juga cukup dekat dengan bandara Sultan Thaha. Hanya berjarak sekitar 300m saja. Untuk memasuki Taman Mini Jambi ini tidak dikenakan biaya. Disini terdapat berbagai macam anjungan-anjungan rumah adat yang berasal dari kabupaten dan kota di propinsi Jambi.

2. Danau Sipin Jambi
Danau Sipin Jambi
Danau Sipin
Danau sipin ini berada di pinggiran kota Jambi. Alamat lokasi dari danau sipin ini terletak di Simpang Buluran Kenali, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. Lebih tepatnya berada di samping Fakultas Kedokteran Unja (Universitas Negeri Jambi).

3. Hutan Kota di Jambi
Hutan Kota Jambi
Hutan Kota Jambi
Disini adalah tempat yang sangat tepat untuk rekreasi keluarga, terutama untuk Anda yang menyukai udara segar dan masih fresh. Pastinya banyak yang suka dengan udara segar karena sangat baik untuk kesehatan Anda.

4. Sungai Batanghari
Sungai Batanghari
Sungai Batanghari
Sungai Batanghari ini merupakan sungai yang terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang kurang lebih sekitar 800 km yang mata Airnya berasal dari Gunung Rasan.

5. Tanggo Rajo
Tanggo Rajo
Tanggo Rajo
Tanggo Rajo merupakan sebuah kawasan wisata yang terdapat di pusat Kota Jambi dan lokasinya berada di pinggir Sungai Batanghari yang sudah sangat terkenal. Sebuah tempat wisata yang terbaik dan memberikan kepada Anda sebuah suasana indahnya matahari terbenam. Selain itu, di kawasan wisata ini para pengunjung akan ditemani dengan berbagai suguhan kuliner yang akan menemani Anda ketika menyaksikan matahari sedang terbenam yaitu jagung bakar dan air tebu.



Posting Komentar

0 Komentar