UNILA EVENT APRIL
PEKAN RAYA JURUSAN
Gelaran tahunan pekan raya yang diadakan oleh himpunan mahasiswa jurusan Ilmu Computer FMIPA yaitu Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tema tahun ini adalah teknologi sebagai sarana membangun generasi muda yang kreatif dan inovatif. Kegiatan dimulai dari tanggal 26 April dan berakhir pada tanggal 3 Mei.
Ada bazaar, olimpiade pascal, lomba Microsoft Word dan Excel tingkat SMA dan SMP. Bazaar di buka di pelataran FMIPA. Dan diadakan juga seminar nasional dengan tema “Internet Murah, Telepon Gratis” di gedung auditorium.  Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memperkenalkan jurusan Ilmu Computer kepada pelajar dan masyarakat.

Konservasi  HIMBIO  21 April
Himpunan mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengadakan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA). Tema acara ini adalah selamatkan air dan tanah untuk tanah airku. Acara ini merupakan rangkaian acara yang terdiri dari 8 acara.
Ada lomba fotografi konsevasi, olimpiade Biologi tingkat SMA, lomba menggambar dan mewarnai, lomba story telling, dan ada lomba cabaret konservasi. Harapan diadakannya acara ini adalah dapat meningkatkan peran masyarakat dalam konservasi dan melestarikan alam.

SEMINAR GERAKAN KEWIRAUSAHAAN 
Dinas Koperasi Lampung bekerjasama dengan UKM Koperasi Mahasiswa. Acara ini berlangsung di Gedung Serba Guna Unila, dengan tema Spirit of Woman Enterpreneurship.
Gerakan ini diadakan dalam rangka program gerakan masyarakat sadar koperasi. Selain mahasiswa unila, mahasiswa dari universitas lain juga ikut bergabung untuk menghadiri acara ini juga.  Ada dari teknokrat, IAIN, Darmajaya, UBL, Polinela juga hadir untuk meramaikan acara seminar koperasi ini.  Seminar ini diisi oleh H.Rizaldi Adrian Rachmat direktur wisata alam dan cottage Wira Garden. Dan beliau juga meyakinkan untuk peserta seminar “setiap orang pada dasarnya memiliki hak yang sama untuk menjadi sukses”. Tujuan diadakannya acara ini adalah mengajak peserta untuk ikut berkoperasi.

ACARA UKM BS SE-SUMATRA
Ukm Bidang Seni yang berada di lantai 2 Gedung Kemahasiswaan ini kembali mengadakan acara 2 tahunan ini yaitu acara dimana ajang berkumpulnya teater se-Sumatera untuk menampilkan teater ataupun seni music khas dari daerahnya. Judul dari acara ini adalah “Pinangan” karya Anton Chekov. Dan UKM BS sendiri mewakili acara ini yang diadakan di Palembang pada tanggal 26 April 2014.

AGRICULTURE GOT  TALENT 
Fakultas Pertanian kembali mengadakan acara yaitu Agriculture Got Talent untuk Master of Ceremony, solo song, band, bebalas pantun, dan tari daerah. Acara ini diikuti oleh mahasiswa pertanian 100 orang yang meliputi angkatan 2012 dan 2013 Fakultas Pertanian.
Selain itu acara rutin yang ada di fakultas pertanian adalah bersih-bersih lingkungan fakultas pertanian. Dan pada acara Agriculture Got Talent ini selain ada juara umum ada juga juara favorit yang dipilih oleh panitia penyelenggara acara ini.

HIMAGARA PEDULI MANGROVE

Himagara yaitu Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara mengadakan aksi peduli mangrove. Tujuan ini diadakan untuk mempererat angkatan mahasiswa administrasi negara dan juga untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat, dan tentunya untuk memperkenalkan jurusan mereka juga ke masyarakat. Acara ini dilakukan pada tanggal 5-6 April 2014. Di desa Sidodadi Padang Cermin.
Ketuplak dari acara ini adalah Sedy angkatan 13 mengatakan bahwa mereka dapat tenggapan positive dari masyarakat des setempat. Harapan dari acara ini adalah agar mahasiswa dan masyrakat dapat terjalinnya hubungan kerjasama antara masyarakat dengan mahasiswa.  Adapun acara yang diadakan adalah lomba penanaman mangrove. Yang didukung oleh PT. Pertamina dan PT. Daramawijaya.

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung angkat sumpah dokter 17 mahasiswanya yang ke XX, sumpah dokter yang di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Rektor Universitas  Lampung.
Prof. Sugeng P Harianto, dalam sambutannya sugeng berharap lulusan FK Unila menjadi lulusan yang bermanfaat serta menjaga nama baik Unila dan jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua yang sudah banyak berkorban, alhamdulilah lulusan FK Unila juga tidak ada yang menganggur ujar Sugeng.

(Dalam rangka memperingati Hari bumi 22 april lalu, Himpunan Mahasiswa Kehutanan (himasylva) Universitas Lampung mengadakan kuliah umum mengenai lingkungan Acara yang mengangkat tema Potret Tata Kelola Hutan Saat Ini dan Arah Pembangunan Kehutanan ini berlangsung di Gedung Rektorat lantai IV. Kuliah ini merupakan rangkaian acara yang ketiga dari rangkaian peringatan hari bumi yang digelar. Sebelumnya, Himasylva telah mengadakan gerakan tanam seribu mangrove di Pantai Ringgung pada 19 April 2014. Acara dilanjutkan dengan penyebaran seribu bibit di empat titik lampu merah yang ada di Bandar Lampung pada 22 April 2014. Rencananya, Himasylva masih akan mengadakan kemah konservasi di Youth Camp Tahura Wan Abdul Rahman yang akan diadakan 16 sampai dengan 18 Mei mendatang. Panitia pelaksana mengangkat tema lingkungan ini karena ingin mengkaji kebijakan dari menteri kehutanan selama masa kepemimpinannya lima tahun terakhir. Selain itu, Himasylva juga ini mengkritisi pengelolaan hutan. “Kedepannya mau seperti apa,” ujar Eko Supriyadi selaku ketua pelaksana.
Mahasiswa kehutanan 2011 ini pun menambahkan bahwa pembangunan hutan di Lampung masih sulit untuk mengsinkronkan antara ekonomi dan ekologi. Menurutnya, pelaksanaan pengelolaan hutan yang seharusnya menunjang perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat dan ekologi untuk kelestarian alam tak dirasakan oleh masyarakat.

LAUNCHING GERAKAN KEWANITAAN FKIP

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Wanita BEM FKIP Unia untuk mewujudkan kader mahasiswi FKIP Unila yang humanis, religious, dan peka terhadap problematika yang terjadi pada lingkungan sekitar. Acara ini diselenggaraka di gedung F FKIP Unila dengan peserta berjumlah kurang lebih 150-an.
Kegiatan ini kedepannya adalah dalam kegiatan wanita dibagi dalam beberapa sesi antara lain adalah pelatihan tata boga, bela diri, kewirausahaan, kecantikan, dan tata busana. Acara ini diselenggarakan pada 21 April, dalam memperingati hari Kartini.

Posting Komentar

0 Komentar