Mahasiswa Unila Gelar Seminar Pasar Modal

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung kembali menggelar Seminar Nasional Pasar Modal di Auditorium Perpustakaan Universitas Lampung, di Bandarlampung, Selasa.
Menurut Robiansyah Eka Pratama selaku Ketua pelaksana seminar itu, dengan pilihan tema “Investment Challenges and Opportunity in Indonesia to Face the ASEAN Economic Community 2015″.
Dia menjelaskan, sesuai dengan tema yang diusung, seminar ini membahas kondisi perekonomian Indonesia khususnya pasar modal serta investasi dalam menghadapi ASEAN Economic Community (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada 2015 mendatang.
Narasumber seminar ini adalah Gonthor R Azis Direktur Pengaturan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hendi Prayogi Kepala Perwakilan BEI Cabang Lampung, Dr Ayi Ahadiat SE MBA akademisi FEB Unila, dengan pembicara kunci (keynote speaker) Besari Ketua OJK Provinsi Lampung.
Dalam seminar ini, para narasumber itu mengungkapkan bahwa pasar modal kini telah menjadi salah satu indikator terpenting dalam kondisi perekonomian Indonesia.
Pada pasar modal biasanya terjadi transaksi bagi instrumen jangka panjang yang diperjualbelikan di pasar modal di antaranya saham, obligasi, dan instrumen derivatif lainnya.
Saham merupakan salah satu instrumen yang paling terkenal dan memiliki imbal hasil yang menjanjikan.
Selain itu, saat ini siapa pun bisa menjadi pemain dalam bursa saham. Salah satu contohnya adalah para mahasiswa di Unila di FEB memiliki perkumpulan sendiri, yaitu Kelompok Studi Pasar Modal atau KSPM yang bertujuan selalu memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai arti penting investasi serta perkembangan kondisi pasar modal.
KSPM FEB Unila selalu berupaya untuk mengadakan berbagai acara yang diharapkan mampu menambah informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya berinvestasi serta perkembangannya dalam kehidupan dengan persaingan global yang sangat ketat ini.
Dalam perkenalan pasar modal sejak dini, bulan Maret lalu KSPM telah berhasil menyelenggarakan KCD 2014 yaitu berbagai rangkaian perlombaan mengenai pasar modal yang diikuti berbagai SMA di Provinsi Lampung.
Menurut Robiansyah Eka Pratama, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa khususnya , karena dapat mengetahui seperti apa dunia pasar modal dalam menghadapi ASEAN Economic Community.
“Saya berharap dari seminar ini akan muncul para investor-investor baru ke depannya,” ujar Dany Afriandro selaku Ketua Umum KSPM FEB Unila.
Dia menyatakan, sebagai salah satu lembaga kemahasiswaan yang bergerak di bidang keilmuan khususnya pasar modal, KSPM FEB Unila selalu berupaya untuk mengadakan berbagai acara yang memberikan manfaat serta edukasi mengenai kondisi dan perkembangan dunia pasar modal.
Dany juga menambahkan, seminar ini diharapkan dapat bermanfaat memberikan gambaran mengenai kondisi pasar modal setelah AEC 2015.
Setelah pemberian materi para narasumber selesai, para peserta seminat terlihat sangat antusias untuk memberikan pertanyaan, dan terpilih tiga penanya terbaik, yaitu Elychia Roly Putri, Fahri Amin, dan Indah Permata.
Seminar ditutup dengan pemberian games kepada para peserta seminar, serta pemberian hadiah bagi peserta yang menang dalam games tersebut.
sumber: ANTARA.Lampung

Posting Komentar

0 Komentar