Tips Agar Tetap Sehat Selama Musim Panas

Tips Agar Tetap Sehat Selama Musim Panas

Banyak orang yang beranggapan bahwa banyak ancaman kesehatan saat musim hujan sehingga kita harus lebih menjaga kesehatan tubuh. Sebenarnya ancaman kesehatan melalui penyakit tidak hanya terjadi saat musim hujan saja, namun juga musim panas. Saat musim panas, cuaca cenderung panas dan berdebu sehingga membuat tubuh lebih cepat lelah dan tidak nyaman karena mengeluarkan keringat terus menerus. Keringat bisa menjadi salah satu sumber masalah kesehatan bagi tubuh kita. Berikut ini ada beberapa tips agar kesehatan tetap terjaga selama musim panas.
Cuaca panas memicu tubuh untuk mengeluarkan zat sisa dalam bentuk keringat. Jika kita banyak berkeringat otomatis akan menimbulkan aroma tubuh yang tidak sedap sehingga pada saat musim panas dianjurkan untuk mandi dengan teratur untuk menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit. Keringat yang bercampur kotoran akan membuat bakteri penyakit betah di tubuh kita. Jika mengalami gatal pada kulit karena biang keringat, cobalah menaburkan bedak dingin pengusir gatal di bagian yang mengalami biang keringat.
Untuk mengurangi intensitas keringat, pakailah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun. Pilihlah pakaian yang tipis sehingga Anda tidak merasa panas. Warna pakaian yang cerah lebih baik karena dapat memantulkan panas. Saat Anda keluar rumah, disarankan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Saat musim panas orang juga akan merasa cepat haus. Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan lebih rajin minum air putih. Jika perlu Anda dapat menyediakan air minum sendiri di dalam botol untuk memastikan air yang Anda minum aman bagi kesehatan.
Selalu jaga makanan tetap bersih dari debu yang sering muncul di musim panas dengan menutupnya rapat-rapat. Saat hendak mengambil makanan, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, konsumsilah sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan air. Vitamin akan membantu Anda menangkal serangan dari berbagai macam penyakit. Jadi, jagaah selalu kesehatan Anda baik di musim hujan maupun musim panas.
Beberapa tips untuk menjaga kesehatan di musim panas yaitu mandi dengan teratur, memakai pakaian dengan bahan yang tipis, berwarna cerah, dan meyerap keringat, memakai tabir surya, minum air putih, menjaga makanan tetap bersih, dan makan sayur dan buah yang mengandung vitamin.
 

Posting Komentar

0 Komentar