Hello Oktober


Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Integritas (KOIN) Universitas Lampung mengadakan Try Out Simulasi SBMPTN bagi siswa SMA kelas XII se-Lampung.
Acra ini berlangsung pada Minggu, (19/10) di Gedung Serba Guna (GSG) Unila. Acara yang bekerja sama dengan sebuah lembaga bimbingan belajar ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta menghadapi ujian masuk universitas.
Pembukaan acara dimulai dengan pemutaran video Komunitas Integritas dan pengenalan UKM KOIN. Acara dilanjutkan dengan pengisian LJK. Peserta diberi waktu 1 jam 30 menit untuk mengerjakan soal-soal yang telah mereka terima. Jumlah peserta yang mengikuti acara TO Simulasi SBMPTN ini mencapai 5015 peserta dan telah melampaui target. Jumlah peserta ini telah memecahkan rekor untuk peserta TO terbanyak se-Sumatera. Selain tryout, panitia juga menyuguhkan penampilan band Simponi asal JakartaPengumuman hasil akan diperlihatkan usai penutupan acara.
Syaifullah (Ilmu Pemerintahan ’13) selaku Ketua Pelaksana acara ini mengatakan, acara ini ditujukan untuk membantu anak kelas XII SMA dalam menghadapi SNMPTN maupun SBMPTN. Menurutnya, banyak siswa dari daerah terpencil yang kekurangan informasi.

Puluhan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) yang tergabung dalam UKM-F Mahkamah FH Unila untuk mengajak mahasiswa Unila melakukan orasi dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.
Dengan membawa spanduk Mahkamah FH Unila dan spanduk bertuliskan “Hari Sumpah Pemuda”mahasiswa ini mengawali aksi dengan melakukan orasi di bundaran Unila dengan membacakan Sumpah Pemuda dan meneriakkan aspirasi mereka mengenai Sumpah Pemuda. Dilanjutkan dengan berjalan ke setiap fakultas untuk mengajak setiap mahasiswa untuk turut dalam aksi.
Selain FH, Mahasiswa Fakultas Teknik, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila, beberapa Lembaga Kemahasiswaan juga ikut melakukan orasi di depan Gedung Rektorat Unila dan berjalan untuk melakukan orasi di bundaran Unila.
AKSI TEKNIK ELEKTRO
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatro) adakan aksi Sumpah pemuda. Himatro ajak semua  jurusan berkolaboras, Rabu, 28 Oktober pukul 10.00 WIB. Haki Midia Aliman Hakim mengajak seluruhnya jurusan berkolaborasi, antara pertanian dan elektro, FKIP dan elektro. “ Kami mengajak seluruh himpunan datang dan dengarkan apa yang ingin kita sampaikan mengenai keluhan agar  birokrat mempermudah semua mahasiswa dalam kegiatan yang positif karena selama ini berbelit”, ketika Haki ketika diwawancarai
Aksi ini diramaikan kurang lebih ratusan mahasiswa Unila, dibuka oleh Dekan FT, serta didampingi PD III FT, Kepala Jurusan dan Sekertaris Jurusan. Aksi melibatkan BEM-U, BEM-FT, Mahasiswa Teknik mesin, dan perwakilan mahasiswa fakultas Teknik Mesin lainnya.

PELANTIKAN PENDEGA BARU UKM PRAMUKA
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Lampung mengadakan Pelantikan Pandega bertempat di Teras Belakang Gedung Rektorat, Selasa, 28 Oktober 2014.  Pelantikan Pandega yang merupakan tingkatan Pramuka di Perguruan Tinggi ini diadakan tiap satu tahun sekali. Sebanyak 22 mahasiswa di lantik tahun ini. Pelantikan anggota baru yang terdiri dari sepuluh orang putra dan dua belas orang putri tersebut merupakan mahasiswa angkatan 2013.  Meski demikian, Ketua Umum UKM Pramuka, Erwanto berkata bahwa masih ada tiga calon pandega yang belum di lantik. “Kemungkinan akan dilantik bulan Desember,” katanya.
Tahun ini, anggota baru dilantik oleh Pembina UKM Pramuka yang juga Ketua Gugus Depan Putri, Sri Sruwastuti, SH. MH.
Aksi BEM FMIPA Kritis Lewat Organisasi13 October 2014
Garuda Action, dihelat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) Unila guna memperkenalkan organisasi kepada 146 mahasiswa dari berbagai jurusan di FMIPA. Berlangsung dari Sabtu 11 oktober yang diadakan di gedung Dekanat FMIPA hingga Minggu 12 oktober di pelataran gedung Rektorat.

Di hari pertama, peserta di berikan materi seputar organisasi dan motivasi untuk berkecimpung dalam organisasi. Selanjutnya, di hari kedua, peserta dilantik menjadi magang BEM FMIPA Unila. Beberapa permainan juga disuguhkan guna terciptanya suasana kekeluargaan diantara calon magang dan pengurus BEM FMIPA Unila.

Ketua pelaksana, Radho Alkausar mengatakan acara ini menjadi salah satu bentuk kesungguhan BEM FMIPA Unila untuk mencetak mahasiswa berjiwa pemimpin. "Memperkenalkan organisasi supaya terbangun sikap kritisnya sebagai mahasiswa," katanya.

SEMINAR CEGAH KORUPSI
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Integritas (KOIN) Unila mengadakan diskusi publik dalam rangka mengawal pemerintahan baru, Kamis, 9 Oktober 2014 di Auditorium Perpustakaan Unila. 
Diskusi ini mempertanyakan peran mahasiswa dan media massa dalam mengawal pemerintahan baru. Diskusi tersebut manghadirkan tiga pembicara, yakni Imam Untung Slamet yang merupakan surat kabar majalah GATRA, Juniardi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Andy Corry selaku akademisi bidang komunikasi.

Posting Komentar

0 Komentar