Tipsnya Agar Tak Mudah Ketularan Flu

Influenza alias flu memang kerap menyerang tanpa mengenal musim. Akan tetapi saat hujan kerap mengguyur seperti sekarang ini, peluang seseorang terinfeksi virus penyebab flu mengalami peningkatan. Bagaimana caranya agar tetap fit meski rekan kerja di kantor sedang terkena flu?

Dijelaskan dr Sophie Yolanda M.Biomed dari Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran UI, untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia, influenza dapat menyerang sepanjang tahun. Namun pada musim hujan yang suhunya lebih dingin dan kelembaban udara lebih tinggi, virus dapat bertahan lebih lama di udara sehingga meningkatkan kemungkinan seseorang terinfeksi virus tersebut dan menderita influenza.

"Gaya hidup sehat, termasuk konsumsi cairan sesuai kebutuhan, selain makan seimbang, beraktivitas fisik, dan beristirahat yang cukup, pastinya akan menigkatkan fungsi sistem imun tubuh kita sehingga kita tidak mudah terserang penyakit," kata dr Sophie.

Saat terkena flu, sambung dr Sophie, virus influenza akan menyerang saluran pernapasan. Karena itukah pada saat seseorang terkena batuk dan pilek, virus dan mukus atau lendir yang terbentuk pada saluran pernapasan akan menyebabkan iritasi. Akibatnya muncul rasa kering pada tenggorokan hingga nyeri, dan merangsang rasa haus.

Kantor yang dingin akibat adanya AC terkadang membuat seseorang lupa untuk minum. Padahal tanpa cairan yang cukup, tubuh akan lebih rentan terkena penyakit. "Sebagian besar tubuh kita adalah cairan yang terdiri dari air dan elektrolit atau ion, sehingga kekurangan cairan atau dehidrasi dan elektrolit akan berpengaruh buruk pada seluruh sel dalam tubuh kita, termasuk sel-sel imun yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Hal ini akan menyebabkan kita menjadi lebih mudah terserang penyakit," papar dr Sophie.

Karena itu, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh. Apalagi jika tubuh banyak keluar cairan melalui keringat, misalnya karena banyak melakukan aktivitas fisik. Nah, untuk memenuhi cairan tubuh, sebaiknya jangan mengasup minuman yang bersifat diuretik atau menyebabkan peningkatan volume urine, seperti minuman yang mengandung kafein dan turunannya.

"Selain itu, bila kita memiliki sakit mag, sebaiknya juga tidak mengkonsumsi cairan yang bersoda dan mengandung alkohol karena dapat memicu pengeluaran asam lambung berlebih dan menyebabkan nyeri lambung," pesan dr Sophie.

sumber: http://health.detik.com

Posting Komentar

0 Komentar