Redam Stres Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini Secara Rutin

http://www.umassmed.edu/PageFiles/63981/Business-Stress-Man-With-Text-Anxiety.jpg

Terlalu padatnya aktifitas seseorang terkadang dapat memicu terjadinya stres.
keluhan yang sering dialami saat stres adalah pusing dan sakit kepala.
lalu bagaimana cara meredamkan stres??
Makanan kaya vitamin B dan C bisa menurunkan kadar stres dengan memperlancar peredaran darah. Agar tetap fokus dan pekerjaan selesai tepat waktu, konsumsilah makanan ini dengan rutin.


1. Kacang
Stres dapat menurunkan persediaan vitamin B dan mengonsumsi kacang bisa mengembalikannya. Vitamin tersebut bisa membantu neurotransmitter tetap sehat dan merespon stres lebih baik. Penn State University menyebutkan kandungan potasium di dalamnya juga menurunkan tekanan darah. 

2. Paprika merah
Walau jeruk dikenal sebagai makanan kaya vitamin C, 90 g paprika merah mengandung 95 mg  vitamin C. Dalam studi Psychopharmacology, orang yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi sebelum menghadapi ujian yang menimbulkan stres mempunyai tekanan darah rendah dan sembuh dari peningkatan hormon cortisol lebih cepat. 

3. Sajikan ikan dua kali seminggu
Dalam studi di Brain, Behavior, and Immunity orang yang mengonsumsi suplemen omega 3 (mengandung DHA dan EPA) selama 12 minggu berhasil menurunkan 20 persen kegelisahan mereka dibandingkan dengan grup yang mengonsumsi placebo. Konsumsi salmon atau tuna minimal dua porsi seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Konsumsi bayam
Bayam kaya akan magnesium yang dapat melawan stres. Orang yang kurang mengonsumsi magnesium  menunjukkan tingkat C-reactive protein yang tinggi, kandungan CRP tinggi menunjukkan risiko stres dan depresi yang semakin meningkat. Magnesium membantu mengatur cortisol dan tekanan darah, konsumsi legume dan brown rice juga bisa membantu meredakan stres.

5. Oatmeal
Saat cuaca dingin seperti ini, oatmeal bisa membuat tubuh lebih nyaman. Penelitian di Archives of Internal Medicine menunjukkan orang yang mengonsumsi karbohidrat lebih tenang dibandingkan yang memangkas karbo dari diet sehari- hari. Untuk menjaga kesehatan tubuh, lebih baik konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan beras merah yang dicerna lebih lama serta tidak membuat kadar gula darah melonjak.

6. Meneguk teh
Studi dari University College London menemukan orang yang sering meneguk teh bisa mengendalikan stres lebih cepat dan tingkat cortisol lebih rendah dibanding yang mengonsumsi placebo. Bagi yang sensitif terhadap kafein, selain teh hitam bisa mencoba chamomile, peppermint, atau teh jahe untuk mendapatkan manfaat teh yang menenangkan.

sumber: food.detik.com

Posting Komentar

0 Komentar