Pertolongan Demam Berdarah




Memasuki perubahan musim seperti yang sedang terjadi saat ini, banyak penyakit bisa mengancam kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang paling mengkhawatirkan, ialah demam berdarah dengue atau yang kita kenal dengan DBD. 

Penyakit ini terbilang sangat cepat dalam menyerang penderitanya.  Untuk itu anda perlu mengenali gejala-gelaja DBD. Selain melakukan pencegahan anda juga perlu melakukan pertolongan pertama bagi penderita DBD. 
Berikut ini beberapa cara dalam melakukan pertolongn pertama pada penderita DBD:

Minum air sebanyak-banyaknya
pemberian air putih pada penderita DBD merupakan langka yang paling sederhana yang dapat anda lakukan. Langkah ini dilakukan disebabkan virus penyakit DBD masuk melalui aliran darah yang kemudian menyerang sistem imun dan menjalar ke sistem lain. Sehingga untuk membersihkannya pasien perlu meminum air putih sebanyak-banyaknya.

Menurunkan deman dengan kompres

Gejala DBD yang mulai parah akan ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk menghentikan gejalanya, berikanlah kompres pada anak yang terserang demam agar suhu tubuhnya turun. Selain itu anda juga dapat memberikan obat penurun panas. Gejala DBD akan membaik dengan disertai suhu tubuh yang mulai membaik.

Periksakan ke dokter
Jika dalam waktu lebih dari 3 hari demam tidak turun, dan disertain dengan muntah-muntah, maka itu adalah tanda bahwa gejala DBD sudah memasuki tahap yang sudah parah. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar penanganaannya dilakukan sesegera mungkin. Jika tidak segera diatas maka akan berujung pada kematian.
Demikianlah beberapa pertolongan awal dalam mengatasi gejala DBD. Untuk itu anda perlu tanggap terhadap kesehatan diri anda untuk mencegah penyakit agar tidak semakin parah.


Sumber : Viva.co.id

Posting Komentar

0 Komentar