Tambang Batu Makmurkan Lampung Selatan




KALIANDA: Wilayah Kabupaten Lampung Selatan ternyata memiliki kekayaan tambang batu terutama jenis batu andesit, ziolit, granit dan biji besi.hal ini yang menjadi salah satu alasan banyak pengusaha yang berani menanamkan modalnya untuk membuat perusahaan  tambang batu di Kabupaten Serambi Sumatera ini.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lamsel Sujak Prawiranegara, Selasa (13/1).

Menurut Sujak, data yang dimiliki Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lampung Selatan, hampir rata-rata perusahaan tambang menambang batu jenis andesit. Sebab, Lamsel memiliki potensi batu jenis andesit sebanyak 600 juta kubik.

Lebih lanjut Sujak, menjelaskan pada tahun 2014 lalu telah ada 5 perusahaan tambang batu andesit yang baru didirikan diwilayah Lampung Selatan.

"Pada tahun 2013 ada sekitar 31 perusahaan tambang batu andesit di Lampung Selatan, pada tahun 2014 bertambah 5 perusahaan. Maka, total seluruh perusahaan tambang batu di Lampung Selatan ada 36 perusahaan. Dimana, perusahaan itu tersebar di 17 kecamatan antara lain Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Katibung dan Tanjungbintang," jelasnya.

Sujak, menambahkan selain bahan tambang jenis batu andesit, ada juga perusahaan yang menambang batu jenis logam yang terdapat di Kecamatan Tanjungbintang.

"Di Kecamatan Tanjungbintang ada 4 perusahaan yang menambang batu jenis logam. Sementara, terkait izin yang diberikan sesuai aturan masa berlaku izin tambang hanya selama 5 tahun,"katanya.

Berdasarkan informasi yang didapat, sehingga dapat disimpulkan bahwa  Wilayah Kabupaten Lampung Selatan bukan hanya kaya akan batu andesit. Namun  Kabupaten ini juga memiliki batu jenis ziolit, granit, biji besi. Selain itu, Lampung Selatan juga kaya akan panas bumi (Geothermal,red) yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang terletak di Kawasan Gunung Rajabasa.


Sumber: http//:Lampungpost.co

Posting Komentar

0 Komentar