ANCAMAN DIARE DI SAAT MUSIM PENGHUJAN



Hasil gambar untuk DIARE 

Musim penghujan merupakan musim yang rentan dengan penyakit. Saat musim ini datang tidak sedikit dari mereka yang mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti flu, pilek, batuk, DBD, sampai diare.
Hal ini disebabkan karena cuaca yang sering berubah-ubah sewaktu-waktu dan disamping itu kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Sehingga tidak heran jika penyakit mengancam diri kita.

Gangguan kesehatan yang sering membuat kita repot disaat musim penghujan yaitu diare. Diare merupakan gangguan pencernaan yang bila terjadi, dapat mengganggu aktivitas harian, mengingat meningkatnya intensitas pergi ke kamar mandi. Biasanya gangguan pencernaan ini terjadi akibat konsumsi makanan yang kurang higenis. Jika hal ini terjadi secara terus menerus makan dapat berimbas pada gangguan lain seperti dehidrasi, karena terbuangnya cairan dalam tubuh. Karena, menyangkut organ pencernaan, yang cenderung sensitif, pengobatan terhadap diare tak boleh sembarang menggunakan obat.


Jika tidak, fungsi organ pencernaan dapat terganggu. Oleh karena itu, bahan-bahan alami adalah bahan yang paling tepat untuk menyembuhkan gangguan ini. Lantas, apa saja bahan yang bisa digunakan? Berikut beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat diare.

Cara ampuh melawan diare, bisa dilakukan dengan beberapa bahan makanan yang mudah didapat dari dapur. Salah satunya dengan membuat larutan gula garam (oralit), ramuan yang ampuh membasmi diare. Jika perlu, tambahkan perasan lemon dan satu sendok madu, untuk menambah rasa, dan memperkaya khasiatnya.

Selain oralit, diare juga bisa disembuhkan dengan konsumsi kopi dan yogurt, yang ternyata bisa membawa kebaikan pada sistem pencernaan. Jika Anda memilih kopi, minumlah kopi pahit tanpa gula, dan memiliki kandungan yang cukup kuat.

Sementara itu, bila memilih yogurt, konsumsilah yogurt tanpa rasa, yang kandungan sehatnya belum terganggu dengan pemanis dan pewarna buatan.

Namun, mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bersih, agar sistem pencernaan tetap terjaga baik. Selain itu, jika sedang mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya menghindari konsumsi susu dan keju, karena hanya yogurt-lah, asupan berbahan dasar susu yang memiliki bakteri baik bagi perut.



Sumber : viva.co.id

Posting Komentar

0 Komentar