Bahayanya Duduk Terlalu Lama

 
Duduk  berjam-jam dan berada didepan layar memang menjadi kebiasaan bagi orang-orang yang bekerja di kantor. Namun tahukah anda bahwa duduk terlalu lama dapat mengganggu kesehatan anda?
Para ahli telah menemukan bahwa setidaknya ada 24 kondisi kronis yang diakibatkan duduk selama berjam-jam di tempat kerja.

Berikut resiko dari duduk berjam-jam:
Kolesterol tinggi
Salah satu bentuk risiko yang disebabkan oleh duduk terlalu lama adalah mengalami kolesterol tinggi. Hal ini biasanya akan Anda rasakan setelah satu tahun terbiasa duduk di tempat kerja Anda. Jika tidak diatasi, maka akan berpotensi menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma dan menolak kadar high density lipoprotein kolesterol pada saat bersamaan.

Obesitas
Sama halnya seperti merokok, duduk terlalu lama dianggap berbahaya bagi kesehatan. Namun, bahaya tersebut dikarenakan otot pada tubuh tidak sepenuhnya digunakan dengan baik, sehingga meminimalisir adanya pembakaran kalori.

Penyakit jantung
Orang-orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama biasanya, menyebabkan otot mereka hanya mampu membakar lebih sedikit lemak dan menyumbat aliran darah. Terlebih, asam lemak yang terdapat dalam tubuh, mampu menyumbat jantung. Orang dengan gaya hidup yang monoton seperti ini, berpotensi memiliki penyakit kardiovaskular atau yang dikenal gangguan jantung dan pembuluh darah.

Kanker
Bahaya lainnya yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama antara lain adanya risiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung dan kanker. Tak hanya itu, aktivitas fisik yang kurang ini memicu pengembangan corpus uteri, payudara dan kanker ovarium.

Diabetes
Berlama-lama duduk di meja kantor akan akan berdampak penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena kurangnya sensitifitas hormom insulin yang sebagian besar bertanggung jawab untuk membawa glukosa dari darah kedalam sel yang menghasilkan energi.

Menghambat kinerja otak
Otot memiliki fungsi untuk memompa darah dan oksigen ke dalam otak, kemudian memicu segala macam suasana hati yang meningkatkan bahan kimia pada tubuh. Di sisi lain, ketika Anda memiliki gaya hidup yang tidak aktif, maka hal tersebut menghambat kinerja otak Anda.

Sindrom metabolik
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sindrom metabolik adalah efek buruk dari cara hidup yang disebabkan kebiasaan duduk terlalu lama. Kebiasaan tersebut memberikan kontribusi risiko sindrom metabolik (kondisi seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kadar gula darah, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol anomali).



Sumber: okezone.com
 

Posting Komentar

0 Komentar