Dampak Buruk Penggunaan Earphone Terlalu Lama


Pada zaman yang canggih akan teknologi ini penggunaan earphon sudah menjdi kebiasaan masyarakat umum. Bahkan sebagian dari aktivitas mereka tidak terlepas dari penggunaan earphone. Seperti mereka yang bekerja di dunia pertelevisian penggunaan earphone menjadi hal wajib dan dalam waktu yang tidak sebentar.
Sebagian orang bahkan menjadikan kebiasaan ini menjadi salah satu hobby mereka untuk mengisi waktu luang mereka. Seperti mendengarkan musik, bahkan melakukan komunikasi by phone. Namun tahukah anda dampak dari penggunaan earphone dalam waktu yang lama?

Seperti apa resiko yang bisa timbul dari terlalu lama memakai earphone ini? berikut ini ulasanya.
4 Resiko Yang bisa Ditimbulkan Terlalu Lama Memakai Earphone
1. Rentan Dengan Masalah Kesehatan
Memang earphone ini menghasilkan gelombang elektromagnetik, dan pastinya berbahaya untuk otak manusia. Tapi juga belum ada yang membuktikan dengan penelitian akan efek itu. Yang diungkapkan adalah mereka yang memakai earphone setiap harinya rentan mengalami masalah yang berkaitan dengan otak.

2. Masalah Pendengaran
Tahukah anda jika saat memakai earphone ini, suara akan langsung ke telinga. Dan yang pasti suara yang terdengar tidak boleh lebih dari 90desibel. Setiap volume diatas 90 desibel bakal mengakibatkan dampak engatif pada pendengaran.

3. Infeksi di Telinga
Anda pasti pernah menggunakan earphone berganti-ganti dengan orang lain, baik itu teman atau keluarga anda. nah hal itu juga bisa mengakibatkan hal negatif juga loh. contohnya karena adanya bakteri yang selalu berpindah ke telinga satu dengan telinga lainya karena bergantian menggunakan earphone ini. Jadi lebih baik anda memiliki earphone secara pribadi saja untuk menanggulangi hal itu.

4. Telinga Terasa Sakit
Jika anda terus menerus menggunakan earphone ini biasanya akan merasakan beberapa suara aneh atau dengungan yang berada di telinga. Tak jarang juga bisa merasa sakit. Ada penelitian menjelaskan bahwa pengguna earphone yang terlalu lama atau sangat berlelbihan, hal itu bisa mengakibatkan mati rasa dan nyeri di telinga.



Sumber : viva.co.id
 

Posting Komentar

0 Komentar