Makanan Sehat Saat Sakit


Hasil gambar untuk makanan sehat

Ketika sedang sakit, terkadang makanan yang membuat kita nafsu makan adalah makanan yang justru membuat kondisi Anda semakin parah. Misalnya saja semangkuk mi instan pedas atau es krim.  Padahal, apa yang kita makan bisa berpengaruh pada cepat lambatnya proses penyembuhan.

Makanan memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan kita. Untuk mengembalikan imunitas tubuh kita tentu dibutuhkan makanan yang sehat. lalu makanan apa saja yang dapat dikonsumsi ketika sedang sakit?


Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat badang sedang tidak sehat:
1. Sakit kepala
Arthur mengungkapkan bahwa dehidrasi mejadi pemicu utama sakit kepala. Karenanya, obati dahulu penyebabnya dan lihat apakah itu bisa meredakan sakit Anda. Air putih dan cairan lainnya menjadi pilihan utama.

"Minum sebotol air putih dan tunggu 20 menit apakah Anda merasa baikan atau tidak," ujar Arthur. Kafein diketahui bisa membuat Anda dehidrasi, namun sebenarnya bisa membantu dalam porsi sedikit. Namun pada tiap secangkir teh atau kopi, setarakan dengan minum air putih untuk menghindari dehidrasi," lanjutnya.

Makanan pemicu sakit kepala meliputi pemanis buatan, MSG, keju berusia lama yang mengandung tyramine, ditambah cokelat, anggur merah, hot dog, daging deli, dan buah kering.

2. Pilek
Jika Anda pilek, gejala terburuknya mungkin hidung Anda tak akan berhenti mengeluarkan cairan. Selain mandi air panas, Slayton menyarankan untuk meminum teh hangat. Itu bisa jadi tak memperlambat cairan yang keluar, namun teh bisa menenangkan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Pangan yang patut Anda coba saat pilek yakni teh jahe karena mengandung antioksidan dan anti-peradangan yang bisa menghilangkan pilek lebih cepat daripada hanya menunggunya sembuh sendiri. "Cuka apel dan lemon ditambahkan dalam air juga bermanfaat, " terang Slayton.

Hindari makanan pedas yang bisa memperparah pilek Anda hinga tersumbat, begitu pula dengan alkohol.

3. Hidung tersumbat
Pilek, flu, atau infeksi sinus bisa mengiritasi dan meradangkan pembuluh darah pada hidung, sehingga Anda sulit bernapas. Selain menghirup uap dari mandi air panas atau menggunakan "humidifier, beberapa makanan bisa membantu.

Syalton merekomendasikan "susu emas", yang terdiri dari kunyit, yakni rempah-rempah yang dikenal akan sifat anti-peradangannya. Campurkan bahkan dua cangkir susu almond atau kelapa dalam panci, 1 sendok teh kunyit kering, 1 sendok teh jahe kering, sejumput lada hitam, dan madu secukupnya. Didihkan, lalu diamkan selama 10 menit. Sajikan selagi hangat.


Sumber: http://health.kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar