Tips Menghangatkan Tubuh Di Musim Hujan

Hasil gambar untuk menjaga tubuh tetap hangat
Saat musim hujan diri kita rentan sekali dengan penyakit. Pada umumnya penyakit yang sering menyerang tubuh kita disaat musim hujan, yaitu seperti flu, batuk, sampai suhu tubuh menurun. Untuk dapat mencegahnya tentu perlu pola hidup sehat dan jaga makanan anda. Saat musim hujan seperti ini tentu suhu tubuh biasanya mulai terganggu. Untuk tetap menjaga suhu tubuh anda agar tetap hangat ada beberapa tips menghangatkan tubuh.
Berikut beberapa cara menjaga kehangatan tubuh tetap setabil, diantaranya:

1. Makannan menambah darah

Tubuh yang dingin sebagian besar disebabkan oleh cairan darah dalam tubuh juga mengalami perubahan suhu. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan darah agar suhunya terjaga tetap hangat.

2. Makanan kaya zat besi dan kalsium

Kemampuan tubuh dalam menahan dingin juga sangat bergantung pada pasokan zat besi dan kalsium. Makanan yang kaya kalsium termasuk produk susu kacang,rumput laut, kerang, tiram, sarden, dan udang. Makanan kaya zat besi termasuk darah hewan, kuning telur, hati hewan, kedelai, biji wijen dan jamur hitam.

3. Mandi air panas

Sulfur merupakan zat yang juga bisa menghangatkan tubuh. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mandi dengan menggunakan air panas saat musim dingin.

4. Berolahraga setengah jam setiap hari

Walaupun musim dingin dan anda tidak bisa sering beraktifitas di luar rumah, janganlah lupa untuk tetap berolahraga indoor seperti push up, sit up, atau beragam aktifitas olahraga lainnya. Hal ini bisa memicu otot untuk tetap bergerak dana mempelancar sirkulasi darah dan hal tersebut bisa membantu menghangatkan tubuh.

5. Minum air yang direbus

Saat musim dingin udara menjadi kering. Sehingga penting bagi anda untuk menyuplai air yang banyak bagi tubuh anda. 
6. Mengatur fungsi limpa dan lambung

Fungsi limpa dan lambung juga sangat baik bagi anda. Di musim dingin, Anda dapat memilih makanan yang akan menguatkan limpa dan perut dengan memakan labu, ubi, buah wolfberry Cina, dan ganoderma glossy.

7. Merendam kaki dengan air hangat

Jika anda tidak begitu sering mandi dengan air hangat maka cukup merendam kaki anda dengan air hangat. Hal itu juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah anda.

8. Masukkan aroma terapi jeruk ke botol kecil serta minyak peppermint dekat tempat tidur Anda

Jeruk berkarakter hangat serta baunya yang sangat kuat dapat menyingkirkan virus. Makan jeruk sebelum tidur dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak. Bau minyak peppermint memiliki efek yang menyembuhkan sakit kepala dan hidung tersumbat.






Sumber : http://inti-kesehatan.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar