Bahayakah Ceker Ayam Untuk Dikonsumsi?

Image result for ceker ayam? 

Sebagian orang sangat gemar akan makanan ceker. Pada umumnya ceker diolah menjadi sup, ataupun sebagai tambahan pada soto ayam. Penambahan bahan ceker ayam dianggap oleh sebagian orang menambah kenikmatan masakan tersebut.


Namun tidak jarang dari mereka yang tidak menyukai olahan ceker ayam karena dianggap jorok dan menggelikan. Ceker merupakan bagian tubuh ayam yang paling sering menginjak kotoran. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang tidak menyukai ceker ayam.
Jika dilihat dari segi kesehatan. sebenarnya ceker ayam atau kaki ayam baik atau tidakkah untuk dikonsumsi?

Ternyata menurut dr Nina Amelia, perwakilan dari laman Meetdoctor memberi penjelasan. Menurutnya standar kesehatan dari ceker, atau kaki ayam bergantung pada bagaimana produsen mengolahnya. "Selama ia berasal dari ayam segar, dibersihkan dan diolah dengan baik, serta cukup matang, maka aman mengonsumsi ceker ayam," ujarnya.

Nina menambahkan, konsumsi kaki ayam aman, karena kandungan lemaknya tidak terlalu banyak. Kandungan proteinnya pun cukup baik untuk kebutuhan tubuh. Namun, berhati-hatilah dalam memilih bahan mentah kaki ayam, yang akan diolah menjadi makanan.

"Maraknya penjualan ayam dalam bentuk bangkai dan ayam yang tidak terjaga kebersihannya, memiliki hubungan dengan bagaimana tingkat kebersihan kaki atau ceker ayam," tambahnya.
Jika ingin mengolah kaki, atau ceker ayam untuk dijadikan makanan untuk keluarga di rumah, sebelumnya pastikanlah tempat membeli bahan mentah ayam terjamin kebersihannya.

"Lebih baik beli ayam mentah di supermarket, yang sudah jelas kebersihannya. Setelah sampai di rumah pun, pastikan proses pembersihan kaki ayam resik, jika bisa mencucinya dilakukan berulang-ulang agar kebersihan terjaga," kata Nina.

Menutup penjelasannya, ia katakan, memakan ceker ayam, aman, dan sehat selama kebersihan bahan mentahnya higienis. Sisanya, jatuh pada selera.


Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/597515-makan-ceker-ayam--berbahayakah-


 

Posting Komentar

0 Komentar