Desainer Indonesia Patrick Owen Tembus Pasar Australi



Desainer Indonesia Patrick Owen Tembus Pasar Australia

Desainer Indonesia Fashion Forward, Patrick Owen, baru saja menampilkan koleksinya di Virgin Australia Melbourne Fashion Festival, pekan lalu. Di panggung Negeri Kanguru tersebut, Patrick menghadirkan koleksi bergaya minimalis dengan penekanan pada garis dan struktur.


Adapun dari unsur warna, Patrick lebih banyak bermain di tone monokromatik, seperti hitam dan putih, dengan penambahan motif grafis yang diambil dari detail budaya Suku Papua.

Patrick mengusung tema Singsing yang berarti tarian dalam bahasa Pidgin, Papua.

“Tema ini saya ambil untuk mengekspresikan rasa terimakasih, seperti yang dilakukan suku-suku di Papua. Mereka menari untuk menunjukkan rasa syukur atas kehidupan, makanan, serta harapan membuka mata keesokan hari,” ujar Patrick.

Patrick Owen terpilih sebagai pemenang Australia Indonesia Fashion Designer Prize dan mendapatkan hadiah senilai 10.000 dolar Australia serta kesempatan untuk memasuki pasar Australia. Tidak hanya itu, Owen juga mendapat bonus berupa eksposur dari media-media Australia dan internasional, serta tampil di runway Virgin Australia Melbourne Fashion Festival tahun ini.

Dalam kompetisi ini, desainer Indonesia Fashion Forward, Peggy Hartanto juga memenangkan Australia-Indonesia Fashion Designer Award. Seperti Patrick, Peggy juga menjadi tamu penting di acara-acara Melbourne Fashion Festival, diperkenalkan ke media internasional, bertemu langsung dengan para pemenang Melbourne Fashion Festival National Designers Award.

Kesuksesan Patrick menembus event fashion bergengsi di Australia yang dihadiri para jurnalis dan buyers dari berbagai negara tak lepas dari kolaborasi Jakarta Fashion Week dan Australia-Indonesia Centre (AIC).

Saat penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2015, tahun lalu, JFW dan AIC menggelar kompetisi yang bertujuan untuk mengangkat talenta-talenta baru dalam industri fashion.

“Di Jakarta Fashion Week, kami meyakini bahwa kolaborasi global akan menghasilkan inovasi. Ini pula yang dibutuhkan oleh para desainer kita agar mereka dapat termotivasi dan berani menembus pasar global. Dan melalui program Indonesia Fashion Forward, kami senantiasa membawa leibh banyak desainer Indonesia ke pentas dunia agar nama Indonesia juga semakin dikenal di komunitas fashion dunia,”  ujar Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.

Program Indonesia Fashion Forward merupakan hasil kerja sama Jakarta Fashion Week, British Council dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Dalam program Indonesia Fashion Forward, Patrick Owen dan puluhan desainer muda terpilih dibimbing langsung oleh para pakar fashion dari Center for Fashion Enterprise, London.


Sumber : viva.co.id

Posting Komentar

0 Komentar