Tips Menjaga dan Membersihkan Telinga Dari Kotoran

Hasil gambar untuk menjaga telinga

Menjaga kesehatan telinga merupakan hal yang sering luput untuk diperhatikan. Padahal bila terjadi masalah pada organ pendengaran ini, dapat berakibat fatal. Jika telinga tersumbat karena jarang dibersihkan atau ada kerusakan tertentu akan mengganggu fungsi pendengaran hingga mengakibatkan ketulian. 
Ada berbagai cara dalam memelihara kebersihan dan kesehatan telinga. Berikut ini adalah cara aman merawat telinga yang dapat Anda lakukan.
Membersihkan Telinga
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan telinga. Pastikan Anda rajin membersihkan telinga minimal satu minggu sekali. Karena telinga merupakan bagian yang tidak mudah terkena kotoran, bersihkan telinga secara berkala dan usahakan tidak terlalu sering. Terlalu sering membersihkan telinga dapat menimbulkan luka dan penyumbatan.

Akan tetapi bila Anda membersihkan telinga dengan cara yang benar, tentu tidak ada masalah. Bersihkan telinga dengan cotton buds dan hindari memasukkan jari Anda ke lubang telinga. Hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi karena kuman dan kotoran yang mungkin ada pada jari tangan dapat berpindah ke telinga. Pastikan pula bahwa cotton buds yang anda gunakan bersih dan steril sehingga tidak akan menimbulkan cedera.

Cara aman lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga adalah menjaga kesehatan organ lain yang berhubungan dengan organ telinga seperti hidung dan tenggorokan. Bila ada sesuatu yang bermasalah dengan salah satu organ tersebut biasanya akan berdampak pada berkurangnya sensitivitas organ lainnya. Pastikan bahwa telinga, hidung serta tenggorokan Anda berada dalam kondisi normal.

Rutin melakukan pemeriksaan diri ke dokter THT dapat menghindari berbagai macam resiko kerusakan telinga. Selain itu, berusaha untuk mengurangi kebiasaan mendengarkan suara atau musik dengan volume yang terlalu keras dapat membantu menjaga dan menghindari telinga Anda dari resiko ketulian.

Selain cara di atas, Anda dapat menjaga kesehatan telinga dengan memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin dapat membantu melancarkan fungsi pendengaran. Mengurangi konsumsi makanan berlemak juga dapat membantu menjaga kesehatan organ pendengaran Anda.


Sumber: http://www.konsultasi.co

Posting Komentar

0 Komentar