Cara Mandi Yang Benar Agar Kulit Tidak Kering



Hasil gambar untuk menggunakan lotion
Mandi merupakan kegiatan sehari-hari yang tidak mungkin lepas dalam kehidupan. Karena mandi berfungsi agar kotoran yang menempel di tubuh dapat dibersihkan sekaligus untuk perawatan kulit. Selain itu dengan mandi juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dari sebelumnya, jadi dapat dikatakan bahwa mandi adalah suatu keharusan bagi setiap manusia.
Tapi sering kali kita tidak tahu bagaimana cara mandi yang benar sehingga kesehatan kulit kita terganggu. Jadi tentu pastinya Anda tidak ingin kulit Anda menjadi rusak karena mandi yang salah. Berikut adalah cara mandi yang benar agar tidak membuat kulit kering:

1. Hindari Menggunakan Air yang Terlalu Panas
Suhu air sangat penting ketika mandi untuk menjaga kelembaban kulit. Mandi dengan air panas tidak disarankan. Karena air yang terlalu panas malah akan menyebabkan kulit kering.

2. Hindari Mandi Terlalu Lama
Bagi Anda yang sering mandi atau berendam terlalu lama, sebaiknya mulai hilangkan kebiasan tersebut. Bukannya kulit jadi sehat, malah menyebabkan kulit menjadi kering. Mandi yang baik yaitu tidak lebih dari 15 menit.

3. Ganti Sabun dengan Shower Gel
Sabun cenderung membuat kulit kering karena sifat alkalinya. Ganti sabun mandi yang biasa Anda pakai dengan shower gel atau body wash yang mengandung pelembab. Shower gel mampu membersihkan dan memberi rasa segar di kulit dan membuatnya lebih lembab. Shower gel juga lebih mudah diusapkan dan dibilas, dibandingkan sabun biasa.

4. Pilih Spons Mandi Berkualitas Baik
Spons mandi biasa digunakan untuk mengusapkan sabun ke kulit sekaligus mengangkat set kulit mati. Loofah juga bisa membantu membersihkan area tubuh yang sulit terjangkau dengan baik. Selain itu, loofah yang berkualitas baik juga bisa meluruhkan sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah saat mandi.

5. Manjakan Diri Anda
Mandi biasa lebih dilihat sebagai rutinitas dan keharusan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi lebih dari itu, mandi bisa Anda jadikan sebagai kegiatan untuk memanjakan diri sendiri. Pilih shower gel atau body wash dengan tekstur ‘foamy’ dan ‘creamy’, usapkan pada seluruh tubuh sambil lakukan pijatan lembut. Atau, Anda bisa berendam dalam bath tub sambil menikmati keharuman pembersih tubuh yang Anda sukai.

6. Jangan Menggosok Tubuh dengan Handuk
Sebagian besar orang punya kebiasaan mengeringkan tubuh dengan menggosok-gosokkan handuk ke kulit setelah mandi. Cara ini bisa menghilangkan kelembaban dan merusak kulit. Setelah mandi, sebaiknya cukup tepuk-tepukkan handuk ke kulit untuk mengeringkannya.

7. Oleskan Pelembab
Setelah tubuh kering, segera oleskan krim atau lotion pelembab ke kulit tubuh Anda. Pelembab akan membentuk lapisan tipis yang membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit sepanjang hari. Kandungan pelembab juga akan terserap lebih baik saat tubuh Anda masih dalam keadaan lembab setelah mandi.

Posting Komentar

0 Komentar