Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk manfaat berjalan kaki untuk kesehatan
Berjalan kaki merupakan kegiatan olahraga yang mudah untuk kita lakukan dan. Olahraga yang satu ini selain mudah dan tidak membutuhkan keahlian apapun juga terbilang ekonomis. Selain harganya yang ekonomis, olahraga ini juga tidak membutuhkan waktu yang khusus untuk melakukannya. Karena anda dapat melakukannya setiap hari dan setiap waktu dalam kondisi apapun.

Meskipun olahraga yang satu ini terbilang mudah dan murah, ternyata tidak membuat kebanyakan orang melakukannya menjadi sebuah kebiasaan. Justru kebanyakan dari mereka lebih memilih menggunakan kendaraan saat berpergian karena malas dan capek untuk berjalan kaki. Padahal tahukah anda bahwa dengan berjalan kaki setiap hari baik bagi kesehatan anda?
Berikut ini manfaat yang didapat dari rutinnya berjalan kaki: 

Memperkuat jantung
Rajin berjalan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena aktifitas ini dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), serta menjaga tekanan darah normal. Jadi Apa pun aktifitas yang meningkatkan denyut jantung dan memompa darah juga melatih jantung dan sistem peredaran darah kita. Menurut Asosiasi Stroke, berjalan cepat selama 30 menit bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi penyebab stroke – bisa mengurangi risiko stroke hingga 27 persen!. 

Menurunkan risiko terkena penyakit
Selain penyakit jantung, kebiasaan berjalan kaki juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, asma, dan bahkan beberapa jenis kanker. Sebuah studi yang dilakukan di British Medical Journal menunjukkan bahwa berjalan setiap hari dapat membantu mencegah diabetes. Dan menurut sebuah badan amal Walking for Health, olahraga teratur seperti berjalan kaki bisa mengurangi risiko diabetes hingga 60 persen. Orang-orang yang aktif juga memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena kanker usus besar, kanker pay*dara dan rahim, jika dibandingkan mereka yang kurang aktif. 

Menjaga berat badan tetap normal
Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar sekitar 600 kalori per hari dan lebih dari yang Anda makan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Seseorang dengan berat badan 60kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang(2mph) selama 30 menit. Berjalan juga meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang Anda miliki, dan semakin cepat pula metabolisme tubuh Anda – Sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan saat Anda sudah beristirahat. 

Membantu mencegah demensia
Demensia (pikun) telah mempengaruhi satu dari 14 orang di atas umur 65 dan satu dari enam orang yang berusia lebih dari 80 tahun. Aktif secara fisik memiliki efek melindungi fungsi otak, dan olahraga secara teratur mengurangi risiko demensia hingga 40 persen. Menurut Age UK, orang tua yang berjalan sepanjang enam mil atau lebih per minggu bisa menghindari penyusutan otak dan mengembalikan memori yang telah berlalu bertahun-tahun. 

Mencegah osteoporosis
Berjalan dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti arthritis. 

Membentuk dan memperkuat Kaki
Berjalan kaki juga akan membantu memperkuat dan membentuk kaki Anda, membentuk betis, paha, paha belakang, dan mengangkat glutes(otot p*ntat).Jika Anda juga memperhatikan postur tubuh Anda pada saat berjalan, hal ini juga dapat mengurangi ukuran lingkar pinggang Anda. 

Meningkatkan kadar vitamin D
Jika Anda berjalan di luar ruangan pada pagi menjelang siang hari, makan Anda akan meningkatkan kadar vitamin D tubuh Anda. Tubuh memerlukan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D dari nutrisi yang kita makan. Vitamin D adalah nutrisi penting yang berperan besar kepada kesehatan tulang dan kekebalan tubuh Kita. Para ahli sepakat bahwa mengekspos kulit kita terhadap sinar matahari akan membantu untuk menghasilkan vitamin D. 

Membuat Kita lebih berenergi
Jalan cepat adalah salah satu penghasil energi alami terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel dalam tubuh Kita –  membantu kita merasa lebih waspada dan hidup. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan meredakan ketegangan otot sehingga membuat kita merasa lebih cepat. 

 Membuat Anda bahagia
Manfaat olahraga untuk meningkatkan suasana hati sudah tak terbantahkan lagi. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara teratur adalah seefektif dengan antidepresan dalam kasus depresi ringan sampai sedang. Hal ini karena olahraga sedang seperti berjalan kaki akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin(hormon bahagia) ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi stres dan kecemasan. 


Sumber : http://www.carakhasiatmanfaat.com


Posting Komentar

0 Komentar