Bukan Air, Ditemukan Danau Misterius di Permukaan Satelit Saturnus

Bukan Air, Ditemukan Danau Misterius di Permukaan Satelit SaturnusSebuah studi terbaru berdasarkan data dari misi gabungan National Aeronautics and Space Administration (NASA) bersama dengan European Space Agency (ESA), misi Cassini, menunjukkan proses peleburan permukaan Titan mirip dengan penciptaan lubang-lubang pembuangan di Bumi
.
Selain Bumi, Titan adalah satu-satunya benda langit di tata surya yang diketahui memiliki danau dan laut di permukaannya, menurut pengamatan oleh pesawat ruang angkasa Cassini. Tapi dengan suhu permukaan Titan yang dingin, sekitar -292 derajat Fahrenheit (- 180 derajat Celsius) , alih-alih air, justru metana cair dan etana yang mendominasi Titan dan jumlahnya setara dengan jumlah air bumi.
Cassini telah mengidentifikasi dua bentuk lubang penuh metana dan etana yang membuat ciri khas dekat kutub Titan. Ada lautan dengan luas hingga beberapa ratus mil dan berkedalaman beberapa ratus kaki, terbagi menjadi beberapa cabang, seperti aliran sungai. Banyak juga lautan yang lebih kecil, danau dangkal, dengan tepian bulat dan dinding curam yang umumnya ditemukan di daerah datar. Cassini juga telah mengamati banyak lubang kosong.


Sumber: Tribunnews

Posting Komentar

0 Komentar