Sekelumit Cerita "StarBicks"




Hidup tak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya manusia maupun perusahaan harus mengalami krisis. Ada yang berhasil melewatinya, namun ada pula yang menyerah. Howard Schultz adalah salah satu yang berhasil melewati krisis yang dialami perusahaan miliknya, Starbucks.

Kisah perjuangan Schultz membawa Starbucks keluar dari krisis dituangkan dalam sebuah buku berjudul Onward: How Starbucks Fought for Its Life without Losing Its Soul. Buku ini resmi dirilis di Indonesia bulan Mei 2011.

Howard Schultz adalah Chairman, President, dan CEO Starbucks. Tahun 2001, Schultz mundur dari jabatan CEO dan mengurangi kegiatan operasional sehari-hari. Selama delapan tahun mengawasi, Starbucks pun mengalami krisis yang memuncak pada tahun 2008. Pada tahun itu Schultz memutuskan kembali menduduki jabatan CEO dan berusaha mengeluarkan Starbucks dari krisis. Konsep Starbucks Experience mengalami perubahan demi pertumbuhan ekonomi, dan Schultz bertekad membuat Starbucks kembali kepada nilai-nilai dasar, sekaligus memperbaiki kesehatan secara finansial.

Melalui Onward, Schultz berbagi cerita bagaimana ia kembali ke perusahaan tersebut dan seberapa besar transformasi yang dilakukannya setelah itu. Ia membuka semua rahasia, bagaimana pada saat kondisi ekonomi paling buruk dalam sejarah, Starbucks justru berhasil mendapatkan profit.



Sumber : http://internasional.kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar