WHAT'S NEW?
Loading...

Makanan Sehat yang Membuat Gigi Rusak

Makanan Sehat yang Membuat Gigi Rusak

Ada beberapa makanan yang jelas
akan mengganggu senyum Anda, yaitu soda, permen, dan minuman berenergi, semua makanan tersebut kaya akan gula, salah satu makanan utama penyebab gigi berlubang.
"Gula adalah karbohidrat yang lengket," ujar Jennifer Jablow, D.D.S., dokter gigi kosmetik di New York. "Bakteri akan menangkapnya dan memproduksinya menjadi asam." Efeknya, mineral dari warna putih mutiara gigi akan terserap keluar, sehingga mengikis enamel Anda.
Merasa sudah menghindari berbagai makanan dan minuman yang diperkaya gula? Jangan senang dulu, ini belum berarti senyum Anda aman dari gangguan. Pasalnya, beberapa makanan sehat berikut ternyata juga bisa merusak gigi Anda.
Buah-buahan asam
Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk sangat penting untuk menjaga kolagen dalam gusi Anda, tapi makan buah jeruk berlebihan juga dapat mengganggu keindahan senyum Anda. "Jika asam dari buah bersentuhan secara langsung dengan gigi secara konstan, misalnya Anda makan beberapa buah jeruk dalam sehari, minum air lemon setiap hari, ini dapat mengikis enamel gigi," ujar Jablow.
Masalahnya adalah, enamel tidak tumbuh kembali. Lemon dan limau adalah jenis jeruk dengan tingkat asam paling tinggi. Bahkan, sebuah studi 2011 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa jus jeruk memiliki kemampuan erosif sama seperti Coca Cola.
Perbaiki dengan: setelah makan buah jeruk atau minus jus jeruk, langsung minum air segelas tinggi. Dua puluh menit kemudian sikat gigi Anda. "Namun hati-hati, sesaat setelah mengonsumsi jeruk, gigi Anda akan melunak, sehingga emnyikatnya dnegan keras dapat mengikis enamel gigi," Jablow memperingatkan.

 Sumber: Tribunnews

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.