WHAT'S NEW?
Loading...

Pelangi Api, Kristal Es dan Matahari yang Menjauh dari Cakrawala


Pelangi Api, Kristal Es dan Matahari yang Menjauh dari Cakrawala
Fenomena 'Pelangi api' yang terlihat di langit
Carolina Selatan sempat membuat heboh wisatawan yang kebetulan melihatnya.
Meskipun namanya 'pelangi api', namun fenomena langka tersebut sama sekali tak ada hubungannya dengan kebakaran hutan yang marak akhir-akhir ini. Fenomena ini disebabkan oleh keselarasan unik yang terjadi di atmosfer.
Secara teknis, pelangi api disebut circumhorizontal arc. Pelangi api terjadi ketika cahaya matahari membentur kristal es heksagonal pada sudut tertentu di awan cirrus tipis.
Hanya awan cirrus-yang melayang di ketinggian 20.000 kaki (6.096 meter) di atas tanah-yang cukup dingin untuk pembentukan kristal es.
Pelangi api hanya terjadi ketika matahari sangat tinggi di langit (lebih dari 58 di atas cakrawala). Kristal es heksagonal yang membentuk awan cirrus juga harus berbentuk seperti piring tebal yang menghadap ke tanah.
Ketika sinar matahari melewati kristal es ini, beberapa panjang gelombang akan membias, atau dibelokkan. Mirip dengan bagaimana efek penyebaran warna pada prisma.
Semakin jauh dari khatulistiwa, matahari semakin sedikit bersinar di ketinggian terbentuknya awan cirrus. Tak heran jika pelangi api jarang ditemukan di Eropa tengah atau utara, tetapi sering di Amerika Serikat.
Tempat terbaik untuk melihat pelangi api yaitu di daerah dekat khatulistiwa pada siang hari di tengah musim panas. Sebab, pelangi api adalah pertunjukan musim panas.


Sumber: Tribunews

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.