WHAT'S NEW?
Loading...

Ekonomi Kalut, 100.000 Tenaga Kerja Terancam PHK

Ekonomi Kalut, 100.000 Tenaga Kerja Terancam PHK
Ekonomi Indonesia yang sedang kalut mulai menyulut
pada pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh beberapa perusahaan di Tanah Air.
Alasan perusahaan melakukan PHK kepada sejumlah tenaga kerja untuk menekan biaya operasional karena perusahaan mengalami penurunan bisnis.
"Ada potensi PHK 100.000 tenaga kerja," kata Andi Gani Nenawea, Presiden Konfederensi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), kepada KONTAN, Selasa (1/9).
Nah, sektor usaha yang akan menyumbang PHK terbesar adalah sektor tekstil dan sektor komoditas seperti batubara dan migas. Alasannya, sektor ini mengalami penurunan besar pada permintaan dan harga barang.
Andi bilang, jumlah tenaga kerja yang terkena PHK terus meningkat. Saat ini, sudah ada 67.000 tenaga kerja yang di PHK, sektor tekstil penyumbang terbesar dengan angka 40.000-50.000 tenaga kerja, kedua ada sektor komoditas.
"Kami akan bicara dengan Pemerintah. Jika tidak ditangani akan semakin melebar jumlah PHK," tambahnya.
Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menambahkan, kondisi perlambatan ekonomi ditambah pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjadi alasan perusahaan mengurangi karyawan.


Sumber: BKD

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.