Pemprov DKI Komitmen Fasilitasi Warga Kalijodo

JAKARTA – Warga Kalijodo menolak digusur jika tidak diberi uang pengganti. Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meminta para warga patuh untuk direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda atau Pulogebang.

Dia juga meminta warga Kalijodo yang sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta untuk segera mendaftar ke posko yang ada di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara jika ingin memperoleh tempat tinggal di rusunawa tersebut.

"Kami sudah sosialisasi. Kemarin SP-1, sebentar lagi SP-2 dan SP-3. Kami berharap bagi warga yang ber-KTP DKI segera melapor untuk mendapatkan rusun. Paling lambat tanggal 28 Febuari ini," ujar Djarot di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Selain itu, ia berjanji akan akan memasilitasi anak-anak warga Kalijodo, mulai dari pendidikan hingga kesehatan.

Apabila anak-anak tersebut tidak ingin pindah ke sekolah baru, Pemprov DKI sudah meyiapakan bus gratis. Untuk yang bersedia pindah sekolah, Djarot mengatakan Pemprov DKI sudah meyiapkan sekolah di sekitaran rusunawa itu.


"Kami akan fasilitasi bantu pendidikan anak-anaknya. Kalau mereka tetep sekolah ‎yang lama, kami sediakan bus sekolah untuk mengantar mereka. Untuk pindahan kami juga sediakan. Kami sediakan bus dan truk. Kami akan betul-betul memberikan pelayanan kepada mereka karena di Kalijodo akan segera difungsikan untuk ruang terbuka hijau (RTH)," katanya.

Sementara itu, pekerja seks komersial (PSK) yang kehilangan mata pencahariannya juga akan dilatih. Pemprov DKI telah bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memberikan pelatihan dan pekerjaan bagi mereka.

"Untuk pekerja malam akan kita latih. Kalau mereka mau beralih profesi kita fasilitasi. Pelatihan kita siapkan, termasuk penempatan. Kalau mereka mau pulang kampong, bilang ke kami, kami fasilitasi dan beri ongkos," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan menertibkan kawasan Kalijodo yang dianggap telah menempati tanah negara puluhan tahun. Lahan itu nantinya digunakan untuk RTH. Pemprov DKI telah menyiapkan warga Kalijodo tempat tinggal pengganti di Rusunawa Marunda atau Pulogebang.



Sumber : Liputan6

Posting Komentar

0 Komentar