Mahasiswa Teknik Pertanian Proudly Present “Pemantep in Action” di Aula A Pertanian



JurusanTeknikPertanian FP Unila, Rabu, 15 Juni 2016, mengadakankuliahumum di Ruang Aula FakultasPertanianUnila, dengantema “Pengelolaan Air IrigasiBersihdan Modern”.  Materikuliahumumdisampaikanoleh Prof. Dr. Ir. SigitSupadmoArif, M.Eng., seorang pakar irigasi yang juga aktif sebagai Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM), dengan judul  “Gerakan Irigasi Bersih sebagai Organisasi Pembelajar”.

Menurut Prof. Dr. Ir. SigitSupadmoArif, M.Eng.,gerakan irigasi bersih muncul ketika seorang petani mengeluhkan banyaknya sampah yang mengalir di saluranirigasipadaacara Lokakarya Pemberdayaan P3A/GP3A yang diadakan Kementerian Pertanian. Persoalan sampah memangsangat kompleks, oleh karena itu Fakultas Teknologi Pertanian UGM bersama paraalumninya dan para pelakuirigasi di Yogyakarta termasukjugapetani (peran petani sangat penting dalam pengelolaan irigasi) mencobamemecahkan masalah dengan menggagas dilakukannya suatu gerakan irigasi bersih, dana danya gerakan irigasi besih ini diharapkan sebagaipemicuterbentuknyasuatukonseppemberdayaanorganisasipetanipemakai air di satuwilayahadministrasipemerintahandenganberbagaikewenanganpengelolaanirigasi.
Selanjutnya Prof. Dr. Ir. SigitSupadmoArif, M.Eng. menambahkanbahwagerakanirigasibersihinimemberikanmanfaatantara lain: 1. Terbentuknyasuatugerakanpemberdayaanmasyarakattani yang sadarlingkungan, 2. Terbentuknyasuatukonsepoperasidanpemeliharaanjaringanirigasipartisipatif yang sadarlingkungan di satuwilayahkabupatendenganberbagaikewenanganpengelolaan.
SelaindosendanmahasiswaJurusanTeknikPertanian FP Unila, kuliahumumjugadihadiriolehWakilDekanBidangUmumdanKeuangan FP Unila (Dr. Ir. Abdullah AmanDamai, M.Si.), WakilDekanBidangKemahasiswaandan Alumni FP Unila (Dr. Ir. KuswantaFutasHidayat, M.P.), danKetuaJurusanTeknikPertanian FP Unila (Dr. Ir. AgusHaryanto, M.Si.), denganjumlahpesertasecarakeseluruhansebanyak 220 orang.



Posting Komentar

0 Komentar