Donor Darah Sukarela KSR PMI Unit Unila di Ruang Donor Darah UKM KSR PMI Unit Unila Graha Kemahasiswaan Lt.2



Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Lampung dr Aditya mengatakan, di negara maju, Lebih dari 90 persen kebutuhan darah disuplai dari pendonor sukarela atau rutin.
“Hanyasekitar 10 persensaja yang disuplai dalam kondisi gawat darurat oleh donor pengganti,“ungkapnya.
Dia berharap, kedepan kebutuhan darah di Provinsi Lampung lebih banyak  disuplai oleh pendonor rutin. “Ini sesuai dengan kebijakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menargetkan 100 persen kebutuhan darah di suatu daerah dipenuhi dari hasil donor sukarela atau rutin,” terangnya. Menurut dia, donor darah rutin memiliki sejumlah kelebihan dibanding donor pengganti. Kelebihan donor rutin diantaranya, tingkat risiko penyakit dan efek shock setelah proses donor lebih rendah. Karena itu, dia mengimbau masyarakat,  agar rutin melakukan donor darah secara berkala. Pemerintah melalui instansi terkait juga diminta lebih berperan aktif dalam menjaga stok pasokan darah di wilayah kerjanya masing-masing.
Donor Darah Sukarela adalah seseorang yang menyumbangkan darahnya secara sukarela tanpa pamrih untuk kepentingan masyarakat tanpa membedakan agama, suku ,bangsa warnakulit dan jenis kelamin. Donor Darah ini lah yang paling dianjurkan oleh UDD PMI khususnya di Provinsi Lampung,

Ketua UKM KSR PMI Unit UnilaPeriode 2015-2016 NasyratulIlmi menegaskan bahwa, donor darah ini sangat penting, khususnya mahasiswa unila.Karena, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dan dapat meningkatkan rasa kemanusiaan serta kepedulian terhadap sesama karena dewasa ini banyak sekali kaum muda yang terjerat kasus-kasus hukum.
UKM KSR PMI Unit Unila Melaksanakan kegiatan Donor DarahSukarela yang ke- 337 sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan mempringati Ulang Tahun UKM KSR PMI Unit Unila yang ke 24 th .Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB di sekretariat UMK KSR PMI Unit Unila  Gedung Graha Kemahasiswaan Lantai dua Universitas Lampung. Kegiatan ini Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada minggu pertama dan tiga setiap bulan.
Kegiatan ini terlaksana dengan lancar dengan jumlah pendaftar sebanyak 49 orang dan pendonor yang berhasil  sebanyak 27 orang.


Sumber : Crew Rakanila


Posting Komentar

0 Komentar