WHAT'S NEW?
Loading...

Ancaman Begadang Terlalu Sering Bagi Kesehatan


Begadang merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Pada umumnya alasan mereka untuk begadang adalah menyelesaikan pekerjaan atau pun tugas. Namun tidak sedikit dari mereka yang rela begadang hanya karena sesuatu yang kurang penting, seperti mengobrol dengan teman, menonton bola, dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya akan berdampak susah tidur atau yang sering disebut dengan Insomnia.


Jika begadang menjadi suatu kebiasaan, tentu akan tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Seharusnya waktu untuk kita tidur berkisar hingga 8 jam.
Lalu penyakit apa sajakah yang dapat menyerang tubuh kita, jika terlalu sering begadang?
Berikut ini beberapa dampak buruk dari begadang:
·         Obesitas
Bagi seseorang yang sering begadang dan tidak tidur kurang dari 8 jam di waktu malam hari dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Sehingga mengakibatkan tubuh menjadi cepat gemuk karena lemak akan lebih cepat untuk disimpan. Selain itu, seseorang yang sering begadang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, hal ini disebabkan kondisi suhu pada malam hari lebih dingin dan pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya obesitas.

·         Menurunnya Sistem Imun
Keseringan begadang dapat membuat sistem imunitas menjadi menurun dan lebih mudah untuk terserang berbagai macam penyakit. Hal tersebut dapat terjadi karena sering begadang membuat rusaknya sel darah putih yang berguna untuk memperkuat sistem imun supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

·         Menyebabkan Diabetes
Begadang dapat mengakibatkan hormon dan produksi insulin di dalam tubuh menjadi terganggu. Jadi, seseorang begadang juga akan menjadi rentan mengidap diabetes.

·         Stroke
Tubuh dan sistem organ dalam tubuh memerlukan istirahat di waktu malam hari seusai beraktivitas di siang harinya. Namun, apabila tubuh kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah ke jantung yang berujung stroke dan serangan jantung.

·         Mengakibatkan Insomnia
Sering begadang dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur atau biasa dikenal dengan insomnia. Hal ini terjadi karena tubuh akan menyesuaikan diri sehingga sudah menjadi terbiasa dengan jam tidur larut malam.

·         Penyakit Jantung
Begadang juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung yang disebabkan oleh kurang tidur. Selain itu, sering mengkonsumsi kopi atau kebiasaan ngopi setiap malam di café atau warung juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

·         Hipertensi
Kurang istirahat dapat menaikkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena tingkat stress menjadi meningkat apabila kurang tidur. Jadi, mengistirahatkan pikiran dan fisik sangatlah diperlukan.


·         Melemahkan Sistem Saraf
Sering begadang atau kurang jam istirahat setiap harinya dapat mengganggu sistem saraf. Sehingga dapat mengakibatkan sistem saraf melemah dan efek begadang akan terus menumpuk pada tubuh. Apabila ini terjadi bisa mengancam nyawa atau mengakibatkan kematian.





0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.