Angklung Tembus Universitas La Sapienza, Roma

Hasil gambar untuk orkestra angklung di luar negeri

Siapa sangja musik angklung asal Indonesia ternyata menjadi mata kuliah di jurusan Musikologi di Universitas La Sapienza, Roma. Musik angklung ini mulai dipelajari oleh mahasiswa Musikologi Universitas La Sapienza pada tanggal 3 Oktober 2016, yang merupakan hari pertama pada perkuliahan semester baru.

Awal perkuliahan tersebut Ketua Jurusan Professor Geovanni Giurati bekerjasama dengan KBRI Roma mengundang tim Rumah Angklung dari Jakarta. Mereka melakukan lokakarya sederhana untuk menjelaskan tentang instrumen musik angklung seperti apa.

Terdapat sekitar 40 mahasiswa dan beberapa profesor telah memenuhi ruangan untuk ikut serta dalam acara tersebut. Giovanni menyampaikan bahwa musik angklung menjadi elemen musik yang penting untuk sarana dialog antar budaya.

Dalam pertemuan tersebut salah satu dari tim Rumah Angklung menjelaskan kepada para mahasiswa bahwa angklung merupakan musik tradisional dari jawa barat yang memiliki filosofi tentang kerjasama untuk menghasilkan sebuah nada dan melodi yang indah dari alam. Para mahasiswa juga diajarkan tentang bagaimana cara memindahkan dari nada do-re-mi dan seterusnya.



Sumber : kompas.com 

Posting Komentar

0 Komentar