WHAT'S NEW?
Loading...

Mahasiswa Biologi Studi Lingkungan di TNWK

Hasil gambar untuk Mahasiswa Biologi Studi Lingkungan di TNWK


Dalam rangka meningkatkan mutu perkuliahan melalui pemberian pengalaman belajar yang beragam, mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung (Unila) diajak melakukan studi lingkungan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur.

Salah satu dosen pendamping Arwin Achmad mengungkapkan, kegiatan studi lingkungan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/5). TNWK dipilih karena memiliki komponen flora dan fauna yang beragam serta banyak interaksi antarkomponen di tempat tersebut.
Secara langsung mahasiswa melakukan praktikum di dalam hutan Way Kambas seperti menganalisis vegetasi tumbuhan, hewan tanah, dan pola distribusi intrapopulasi. Alat dan bahan praktikum seluruhnya disiapkan dari inventaris laboratorium pendidikan biologi Unila.
Dalam studi lingkungan ini mahasiswa dituntut mampu mengintegrasikan antara pemahaman konsep teoritis tentang ekologi dengan aplikasi di lapangan. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa pendidikan biologi yang akan menjadi seorang pendidik.
Ketua Prodi Pendidikan Biologi Unila Berti Yolida menambahkan, kegiatan studi lingkungan sudah menjadi tradisi ilmiah yang dilakukan sejak 2006 silam. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal spesies endemik hutan Taman Nasional Way Kambas dan memberikan gambaran pada mahasiswa bagaimana praktik langsung ilmu biologi dari alam aslinya.
Selain itu dirinya berharap sebagai calon guru mahasiswa pendidikan biologi telah mengenal alam daerahnya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.