WHAT'S NEW?
Loading...

Mahasiswa Unila Bangun Pembangkit Listrik di Lambar


Mahasiswa Universitas Lampung yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) di Dusun Penyongkaian, Pekon Empulau, Balikbukit, Lampung Barat.
Dosen pembimbing mahasiswa KKN-PPM Fauzan Murdafa mengatakan, tujuan pembangunan PLTMH agar masyarakat sekitar mendapatkan akses listrik sebagai penerangan sehingga meningkatkan perekonomian warga.

“Dusun ini adalah salah satu wilayah terpencil dan sulit terjangkau di Lampung Barat. Kami ingin warga di sini juga mendapatkan akses aliran listrik seperti masyarakat lain yang sudah menikmatinya,” kata dia, Rabu (30/8/2017).
Menurut Fauzan, PLTMH yang dibuat 25 mahasiswa KKN-PPM memiliki daya 10.000 watt dan dapat mengaliri 35 kepala keluarga (KK) dengan memanfaatkan aliran sungai. Pembuatan pembangkit listrik dilakukan secara gotong royong, mulai dari perencanaan sampai dengan penyelesaian.
Ia menerangkan, anggaran pembangunan PLTMH berasal dari dana hibah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diberikan kepada Unila.
Denga adanya PLTMH, kata dia, perekonomian masyarakat di Dusun Penyongkaian dapat meningkat dan keamanaan kampung lebih terjamin. Siswa juga bisa belajar dengan baik di rumah

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.