WHAT'S NEW?
Loading...

Hebat, Tiga Siswa SMAN 2 Ciptakan Pasta Gigi dari Limbah Kulit Pisang




Limbah sampah seperti kulit pisang yang terbuang sia-sia setiap harinya mungkin bagi banyak kalangan tidak ada nilai manfaatnya lagi.


Namun tidak bagi ketiga siswa dari SMA Negeri 2 Bandar Lampung yakni, Balqis Shafira Aini, Syadza Muthi Inandara Rahman, dan Aura Sabrina Dewani.

Dari ketiga tangan dingin mereka, limbah kulit pisang yang tidak berharga tersebut disulap menjadi pasta gigi, yang dapat bermanfaat buat kesehatan gigi.

Menurut Balqis, inspirasi tercetusnya ide pemanfaatan limbah kulit pisang pada pembuatan pasta gigi, berawal dari tawaran guru di sekolah untuk mengikuti lomba Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2017 dalam rangka Hakteknas (hari kebangkitan teknologi nasional).

"Ya awalnya bingung mau buat apa. Lalu, idenya muncul ketika mengingat bahwa Lampung merupakan penghasil produksi pisang dan ternyata buah pisang manfaatnya bagus buat gigi," tuturnya saat dijumpai dalam acara CITE di Convention Hall Mahligai Agung, Pascasarjana, Universitas Bandar Lampung (UBL).

Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama hanya satu hari saja, dengan memilih kulit pisang yang akan diolah nantinya.

Kulit pisang apa saja bisa dipakai namun yang paling baik digunakan adalah kulit pisang Ambon dan pisang Muli karena teksturnya lebih halus dibanding kulit pisang lainnya, seperti dilansir pada laman Tribunlampung.co.id.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.