WHAT'S NEW?
Loading...

5 Resep Olahan Pisang Versi Kaum Millennial, kamu yang mana?


Hallo Intelektual muda! Weekend kamu di rumah aja ? mau keluar buat cari cemilan tapi mager? Apalagi kalau kamu anak yang suka masak dan sering berkreasi, sayang banget kalau ga diasah, kabar baiknya kamu menemukan artikel yang tepat untuk membuat olahan pisang yang enak dan praktis untuk dibuat. Kamu inget kan kalo Lampung kaya akan panen buah pisang?Musa paradisiaca ini mengandung banyak vitamin dan mineral loh, seperti vitamin A, C dan B6 yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Selain mudah didapatkan karena selalu tumbuh kapan saja, tentu nya harga nya murah. Penasaran seperti apa kreasinya? Ini dia kami sajikan khusus untuk intelektual muda...


1.      Piscok lumer alias Pisang cokelat lumer




Olahan ini memang mudah kamu dapatkan di gang-gang rumah. Tapi kalau bisa dibuat sendiri pasti lebih memuaskan untuk dimakan. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu menyiapkan 10 lembar kulit lumpia yang bisa kamu dapatkan dengan membelinya di warung atau membuatnya mandiri menggunakan teplon, 4 buah pisang (matang / setengah matang) sesuai selera kamu, 1 sachet susu kental manis putih, 1 bungkus meises cokelat, gula pasir secukupnya, tepung terigu di campur air sebagai perekat dan minyak goreng. Cara membuatnya:
1.   Kamu harus memotong pisang menjadi beberapa bagian sesuai selera dan tentunya dengan ukuran yang pas untuk dimasukkan kedalam kulit lumpia
2.    Kemudian tata pisang pada kulit lumpia, meises cokelat, susu kental manis dan sedikit gula diatas kulit lumpia
3.    Lalu gulung kulit lumpia yang sudah di isi, jangan lupa ya untuk merekat kan nya dengan tepung terigu yang sudah di campur air
4.    Nah, baru deh goreng sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan, ayo tiriskan dahulu sebelum di sajikan. Hmmm pasti rasanya lumer tuhh di mulut!

2.      Crunchy banana





Duh dari nama nya aja, kamu udah bisa nebak kalau olahan pisang yang satu ini pas digigit bunyi nya “kriukk” . Mau beda dari crunchy banana yang lagi hits ? Coba deh gunakan roti tawar, rasanya gak kalah enak loh ! Kamu hanya perlu menyiap kan pisang yang sudah matang, roti tawar, keju, cokelat meises, 2 butir telur, tepung roti dan minyak goreng. Semuanya mudah di dapatkan di warung terdekatkan. Nah cara membuatnya :
1.      Kamu perlu memipih kan roti tawar menggunakan gelas, lalu potong roti menjadi dua
2.      Masukkan pisang yang sudah kamu potong kecil keatas roti, jangan lupa tambahkan keju dan cokelat meises nya, supaya melted pas digigit
3.      Kemudian gulung deh roti tawar nya dan masukkan ke adonan telur yang sudah kamu kocok sebelumnya
4.      Setelah itu, gulungkan roti di atas tepung roti hingga semua bagian tertutup
5.      Lalu goreng di minyak yang panas ya sampai warna nya berubah menjadi cokelat ke emasan. Jangan lupa tiris kan sebelum dimakan, biarmakin “kriukkk”

3.      Banana Spring Roll




Nama lainnya sih lumpia pisang, dengan namanya yang kece, ternyata menggunakan bahan se adanya loh. Ga perlu ke kafe deh untuk menikmati olahan ini, karena kamu bisa buat sendiri dan bakal buat ketagihan. Cara bikinnya juga gampang, kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti pada olahan pisang cokelat lumer, cara buatnya juga sama. Tapi toping di banana spring roll ini akan lebih terasa ala kafe nya kalau kamu mengunakan tambahan nutella atau keju, gula halus dan susu kental manis. Wah udah kebayang dong kalau di makan waktu sore hari ditambah segarnya jus strawberry, yuk buat!
4.Banana Nugget


Siapasih yang gak tau dengan pisang nugget? Pisang yang dibalut dengan tepung roti sangat cocok dijadikan cemilan sore. Olahan ini berhasil mengangkat derajat si pisang goreng. Kamu bisa membuat banana  nugget ini di rumah dengan cara membalut pisang utuh dengan tepung roti, lalu ditusuk dengan tusuk sate pada salah satu ujungnya kemudian digoreng. Kemudian tiriskan dan kamu dapat membalut nya dengan nutella dan choco crunch atau choco oreo dan susu kental manis putih.Lebih seru dimakan bareng keluarga atau teman-teman kan!

Eitss ini dia yang terakhir…

    5.  Pisang Geprek



Wah bukan Cuma ayam goreng aja yang di geprek tapi pisang juga, pernah dengar ga si tentang Pisang Epe? Yaps salah satu kuliner khas Makassar ini, wajib kamu coba. Cara buat nya gampaaang bangeet. Paling enak menggunakan pisang kepok setengah matang loh. Pertama, goreng pisang sebentar dengan minyak secukupnya, kemudian angkat dan geprek, lalu rendam sebentar ke dalam  air  garam, terakhir goreng kembali. Bakal kurang kalau ga di cocol saus khas nya yang dibuat dengan cara merebus gula merah, air, daun pandan, sedikit garam dan cokelat sampai kental. 
Nah itu dia olahan pisang  yang gampang banget untuk kamu kreasikan. Selamat Mencoba!
           
Laporan : Nanda Rizqi Caesarani

 




Parkir Motor Semeraut, Mahasiswa Harus Memiliki Kesadaran



                    
                                            
Sebagai mahasiswa yang kerap disebut sebagai “agent of change” sudah selayak nya kita tanggap akan hal-hal yang dirasa tidak sepatut nya, apalagi jika hal tersebut melibatkan penggunaan fasilitas di dalam kampus kita tercinta. Tentunya fasilitas yang baik harus ditunjang dengan penggunaan yang baik pula.

Dalam hal ini, lahan kosong yang berada di sebelah ATM centre sudah cukup lama di jadikan lahan parkir motor yang diper untukkan oleh mahasiswa unila. Namun fasilitas yang disediakan pihak unila rupanya belum dijaga dengan baik oleh mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan tidak teratur nya mahasiswa dalam memarkirkan motornya. Ketidak teraturan tersebut sedikit banyak mengganggu mahasiswa yang sudah memarkirkan kendaraan nya dengan baik dan benar. “Cukup terganggu yaa, karena kan keluar nya jadi susah kalau ga teratur parkirnya”, keluh ningrum, mahasiswa FISIP. Motor-motor yang diparkirkan tidak dalam jalur nya sering kali disingkir kan oleh para pengguna lahan parkir lainnya yang merasa terhalangi saat hendak mengeluar kan motornya. Tentunya hal ini dilakukan karena keterpaksaan. “Ya sambil minta maaf aja dalam hati,  abisnya ga bisa keluar kalau ga disingkirin motornya” jawab Fida,  mahasiswa FKIP.

 
Mahasiswa diharapkan sadar dan peka terhadap hal-hal yang menyangkut fasilitas unila apalagi fasilitas umum. Kesadaran tersebut juga nantinya akan berdampak baik bagi kenyamanan bersama. “Yaah semoga aja jadi pada tertib parkirnya, kan jadi nyaman,  jadi ga susah juga keluar nya” ujar Dzenya, mahasiswa FEB.
Keluhan serta harapan mahasiswa pengguna fasilitas unila harus lah menjadi tamparan bagi kita untuk lebih menjaga fasilitas unila untuk kenyamanan bersama.

Laporan : Imtinan Rana P


Rakanila

Radio Kampus Universitas Lampung adalah sebuah organisasi yang direncanakan menjadi bagian integral dari keluarga besar mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat universitas dan menjalankan kerja-kerja profesional pada bidang-bidang tertentu, Rakanila didirikan dan mulai mengudara hari Rabu, tanggal 19 Januari 2000 pada pukul 18.30 WIB. Tepatnya Gedung Graha Kemahasiswaan lt.II Universitas Lampung. JL. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung. Rakanila 106,6 FM didirakan oleh tim pendiri yang secara otomatis akan menjadi dewan pendiri Rakanila 106,6 FM. Namun di tahun 2010, frekuensi berubah menjadi 107,9 FM Target pendengar Rakanila yaitu mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum usia 17-23 tahun. Jangkauan Area Gedung Meneng labuhan dalam, kemuning, labuhan ratu, way halim, dan sebagian Way Kandis.