Mahasiswa Wajib Tahu: 8 Situs Penyedia Jurnal Ilmiah Gratis, Terbaru, Termudah dan Terlengkap!


Intelektual muda pasti tidak asing dengan “jurnal ilmiah”, seperti yang kamu ketahui jurnal ilmiah sangat diperlukan oleh akademisi dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Sebagai mahasiswa, tentunya kamu sering kesulitan mencari jurnal nasional maupun internasional yang mudah didapatkan apalagi yang gratisan, apalagi kalau kamu mahasiswa tingkat akhir yang sedang berkutat dengan skripsi. Tenang, agar skripsi mu cepat kelar, yuk coba simak 8 situs penyedia jurnal ilmiah tidak berbayar berikut ini .


1.        Google Scholar

                                       

           
Scholar.google.co.id
Situs ini sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun, kamu tinggal mengakses situsnya melalui smartphone atau pc lalu mengetik judul ilmiah yang ingin kamu dapatkan. Situs buatan google ini menyediakan publikasi ilmiah yang lengkap sekali baik nasional maupun internasional. Jurnal online dapat kamu akses secara gratis, dan kamu bisa mendownloadnya dalam bentuk pdf loh! Sehingga sangat memudahkan kamu mengutip data yang kamu butuhkan untuk bahan tugas hingga skripsi.
     

2.      Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI)


                                          

e-resources.perpusnas.go.id
Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal-jurnal ilmiah dapat kamu download secara gratis. Tentunya kamu harus mendaftar menjadi anggota Perpusnas terlebih dahulu atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas yang ada di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat atau Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat. Setelah itu membaca panduan penggunaan pada link yang tersedia. Selamat mencoba.


3.      Lembaga Pengetahuan Ilmiah Indonesia (LIPI)


                                                    

Jurnal.lipi.go.id
Situs ini disediakan oleh LIPI, berbagai penelitian ilmiah lokal yang dilakukan peneliti-peneliti Indonesia dapat kamu akses secara mudah pada situs ini. Mudah-mudahan jurnal yang kamu ingin dapatkan tersedia disini yaa, selamat mencoba


4.      Indonesian Publication Index



                                              


id.portalgaruda.org
Indonesian Public Index menyediakan publikasi ilmiah dalam Bahasa Indonesia nih intelektual muda! Untuk kamu yang kesulitan Bahasa Inggris, situs ini bisa menjadi alterative loh. Kamu langsung dapat mengetikkan jurnal yang ingin kamu dapatkan dibagian atas search document, maka langsung muncul, dan kamu dapat mendownloadnya dalam bentuk file pdf. Wah sangat mudah ya!


      5. BMC



                                           


biomedcentral.com
Situs ini menyediakan berbagai jurnal Internasional dari beberapa cabang ilmu seperti biomedicine, chemistry, dentistry, education, engineering, mathematics, medicine and pharmacy. Untuk mulai menjelajah jurnal, kamu harus mendaftar member terlebih dahulu menggunakan email kamu, oke selamat mencoba!


6.      Science Direct