Anak Kos Wajib Tahu, Inilah 10 Cara Supaya Duit Kalian Nggak Cepet Abis


Pasti di antara kalian ada yang pernah jadi anak kos, atau bahkan saat ini sedang berstatus sebagai anak kos? Ada suka duka tersendiri saat kita harus tinggal jauh dari orangtua, belajar mengurus segala kebutuhan sehari-hari demi kesuksesan di masa depan.
Kuliah di tempat perantauan, bertemu dengan orang-orang baru, dan harus bisa bertahan hingga wisuda kelulusan. Banyak di antara kalian yang tidak pernah bertemu dengan keluarga. Bahkan, ada juga yang tidak menggunakan waktu liburnya untuk pulang kampung.
Nah, biar keuangan lancar sampai akhir bulan, kalian harus pandai-pandai dalam menggunakan uang ya. Yuk, simak 10 tips agar duit kalian nggak cepat habis.

1. Sisihkan sebagian uang untuk dana darurat

Begitu kalian menerima kiriman uang, langsung bagi uang tersebut menjadi dua bagian. Sebagian disisihkan untuk dana darurat, sebagian lagi digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kalau bisa, uang untuk dana darurat diletakkan di celengan, ya, supaya tidak mudah diambil saat tidak terlalu membutuhkan.

2. Jangan pernah sediakan uang cash berlebih di dompet!

Guys, poin ini sangat mempengaruhi pengeluaran kalian, lho. Biasakan untuk membawa uang sesuai jumlah yang dibutuhkan. Biar kalau belanja nggak melebar kemana-mana. Jadi hanya fokus pada barang yang akan dibeli saja.

3. Wajib masak sendiri

Tidak hanya bagi kaum cewek, para cowok pun sebagai anak kos harus bisa masak sendiri. Banyak resep sederhana, mudah, dan murah yang bisa kalian gunakan. Tentunya harus tetap memperhatikan nilai gizi yang ada, ya, karena kesehatan tetap menjadi nomor satu. Ingat selalu kata-kata bijak,”Sehat tak harus mahal.”

4. Jadilah vegetarian

Tidak ada paksaan untuk menjadi seorang vegetarian. Tapi, hidup dengan gaya ini bisa menghemat anggaran belanja, loh, Guys. Sayuran bisa diolah menjadi beragam lauk yang murah meriah dan tak kalah lezat. Jika kalian suka berinovasi, sayuran juga bisa diolah menjadi beragam menu modern, seperti nugget sayur atau omlet sayur.

5. Maksimalkan penggunaan Wi-Fi kampus

Zaman sekarang, akses informasi menjadi sangat mudah dijangkau dari mana saja. Untuk berkomunikasi dengan keluarga, kalian bisa memanfaatkan internet. Hematnya lagi, kalian bisa memanfaatkan fasilitas wi-fi di kampus untuk ber-internet ria. Kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar.
Sumber : takaitu.com

Posting Komentar

0 Komentar