Bentar Hujan, Bentar Panas. Musim Lagi Labil. Inilah 6 Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba



Memasuki musim Pancaroba seperti saat ini, kondisi cuaca benar-benar tidak bisa diprediksi, kadang panas terik dan menyengat, eh tiba-tiba hujan deras. Pun sebaliknya begitu, cuaca panas dan hujan susaah banget ditebak kapan waktunya dan kadang bikin kaget “perasaan tadi panas deh, kok udah hujan lagi aja”
Yah, namanya juga musim pancaroba atau masa peralihan, kamu harus maklumi fonomena alam yang sudah lumrah di negara tercinta kita ini.



Pada masa pancaroba, kondisi cuaca membuat tubuh kamu rentan untuk terkena gangguan kesehatan nih, salah satu yang paling sering dialami adalah penyakit flu dan demam karena suhu yang tidak menentu. Apalagi kalau aktivitas kamu sebagai mahasiswa yang sudah pasti lebih banyak kamu habiskan di luar rumah.

Jadi bagaimana dong menyikapi masa pancaroba ini agar tubuh tetap bugar?
Jangan khawatir, kamu tetap bisa segar dan bugar dalam melaksanakan rutinitas harianmu walau musim pancaroba tanpa dikhawatirkan oleh gangguan-gangguan kesehatan di atas tadi. Berikut adalah tips-tipsnya.



1.   Jaga tempat tinggalmu agar tetap bersih


Musim pancaroba itu identik dengan berbagai macam penyakit infeksi. untuk itu, penting agar kamu selalu menjaga kebersihan juga kerapihan tempat tinggal kamu, pastikan tidak ada genangan air di sekitar tempat tinggalmu, di dalam rumah juga begitu cegah agar tidak ada yang bisa menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya nyamuk maupun bakteri. Selain itu, ganti seprei secara berkala untuk menghilangkan debu dan mikroba jahat dari tempat tidurmu yang bisa saja mengganggu tidurmu.

     2. Jika terkena hujan, segeralah mandi


Tubuh menjadi rentan terhadap penyakit setelah mengalami perubahan temperatur secara cepat  dan mendadak. segeralah mandi dengan air hangat serta sabun antiseptik untuk menstabilkan suhu badanmu untuk membersihkannya dari kuman-kuman yang dibawa oleh hujan.
Pada saat hujan, usahakan untuk menggunakan jaket, jangan sampai terpapar hawa dingin yang membuatmu malah flu dan membuat daya tahn tubuhmu jadi lemah. Pesan jaket sesuai kebutuhan saat ini sangat mudah, cukup pesan via online, banyak kok.

3.   Tetap rajin berolahraga

Bila kamu mulai merasakan adanya gejala-gejala penyakit, segeralah berolahraga untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuhnmu (sistem imun). gerakan-gerakan aerobik yang dinamis disarankan kamu lakukan agar dapat memompa darah dengan cepat dan membuat tubuh lebih cepat berkeringat.Jogging dipagi hari juga sangat bermanfaat loh.. olahraga murah tapi besar manfaat. Dengan melakukan olahraga, tubuhmu juga leih banyak mmeperoduksi sel anti-virus.

4.   Lebih banyak komsumsi air


Air memebuat tubuh kita tetap terhidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Dan ternyata kebutuhan air minum setiap orang berbeda loh..  Rumusnya adalah per kilogram berat badan dikali 30 ml, hasilnya jumlah cc air yang dibutuhkan.
“Misalkan, seseorang memiliki berat badan 50 kg. Bila dikali 30 ml maka jumlah air yang dibutuhkan setiap harinya adalah 1500 ml atau 1,5 liter per hari,”

5.   Komsumsi makanan yang kurang bergizi dikurangi


Hindarimengkonsumsigorengan saat masa pancaroba karena kelembapan udara saat musim ini dapat memperlambat proses pencernaan. komsumsilah lebih banyak sayur untuk melancarkan pencernaan.

6.   Istirahat cukup

Istirahat yang kurang dapat menyebabkan sistem imum kamu terganggu. cukupilah waktu istirahatmu sebanyak 6 jam perhari agar tubuhmu mampu menyerang bakteri dan virus sebelum menjadi penyakit yang malah dapat mengganggu kerjaanmu.
***
             Di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat.
             Di dalam jiwa yang kuat, ada semangat yang hebat.
             Semangat yang hebat itu milikmu, sobat muda Indonesia yang berprestasi.
             So, mari budayakan hidup sehat, jaga dan syukuri jika kamu sudah memilikinya.

Laporan : Imtinan Rana Putri
Editor: Agung Hidayat

Posting Komentar

0 Komentar