Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Gula Merah?

Penderita diabetes memang tidak diperbolehkan untuk sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya makanan yang memiliki kandungan gula atau memiliki rasa yang manis. Jika mereka mengonsumsinya, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya akan meningkat dengan signifikan dan akhirnya bisa memicu datangnya komplikasi. Hanya saja, ada anggapan yang menyebutkan bahwa penderita diabetes boleh mengonsumsi gula merah.

Fakta tentang gula merah dan diabetes

Banyak penderita diabetes yang memilih untuk menghindari gula putih namun menggantinya dengan gula merah atau madu. Hal ini didasari oleh fakta bahwa kandungan di dalam gula putih memang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan. Hanya saja, jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan madu atau gula merah, tetap saja akan bisa memicu peningkatan kadar gula darah meskipun efek dari peningkatan ini mungkin tidak akan sebesar saat kita mengonsumsi gula merah.
Menurut pakar kesehatan, semua jenis pemanis, termasuk pemanis alami seperti madu memiliki kandungan glukosa yang membuat rasanya manis sekaligus membuat kadar gula darah meningkat. Kadar kalori di dalam gula merah juga cenderung sama dengan yang ada di dalam gula putih. Hal ini berarti, gula merah juga termasuk dalam bahan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau setidaknya dikurangi asupannya oleh penderita diabetes.

Adakah gula yang aman bagi penderita diabetes?

Mengingat sebagian besar pemanis alami memiliki kadar glukosa yang cukup tinggi sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan kadar gula darah, ada baiknya penderita diabetes tidak sembarangan dalam mengonsumsinya. Hanya saja, mereka sebenarnya masih boleh memilih jenis karbohidrat yang dianggap lebih aman, yakni fruktosa. Kandungan ini bisa dengan mudah ditemukan di dalam buah-buahan segar. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes masih boleh makan buah meskipun tentu saja mereka harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.
Terdapat beberapa jenis pemanis buatan yang dianggap aman bagi penderita diabetes seperti yang terbuat dari daun stevia. Hanya saja, konsumsi dari pemanis ini juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan sesuai dengan petunjuk dokter.

Beberapa jenis minuman yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes

Meskipun bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan, gula seringkali kita dikaitkan dengan minuman. Gula digunakan untuk membuat rasa minuman ini menjadi lebih manis. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis minuman yang dianggap aman bagi penderita diabetes.
Berikut adalah minuman-minuman tersebut.
  1. Kopi

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 silam, minum kopi tanpa tambahan gula bisa membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi seimbang. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam klorogenat yang mampu menghambat penyerapan glukosa. Asalkan tidak diberi tambahan seperti krim atau topping tertentu, kopi juga tidak akan memberikan asupan kalori bagi penderita diabetes.
  1. Susu

Susu rendah lemak bisa membantu penderita diabetes menjaga berat badan tetap ideal dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih susu karena susu yang tinggi kalori atau gula yang justru berbahaya bagi penderita diabetes.
  1. Teh hijau

Teh hijau rendah kalori dan kaya akan kandungan antioksidan yang bisa menurunkan risiko peradangan dan komplikasi pada penderita diabetes.
  1. Jus pare

Di dalam jus pare terdapat kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Selain itu, jus pare juga mampu meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Posting Komentar

0 Komentar