3 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Tidur


Mungkin kamu pernah tahu bahwa mendengarkan lagu saat tidur itu tidak baik karena otak jadi tidak bisa beristirahat. Padahal, bukan berarti mendengarkan lagu saat tidur itu merugikan untuk tubuh dan otakmu, lho!

Faktanya, manfaat mendengarkan musik menjelang tidur itu punya be
berapa manfaat tersendiri. Cek buktinya di halaman-halaman selanjutnya, ya!

      1.  Tidur cepat dan Jadi Obat Insomnia
      

       Tidur, ada baiknya kamu coba mendengarkan lagu untuk membantumu tertidur. Beberapa peneliti pun menyarankan untuk membuat playlist lagu yang kamu suka dan mendengarkannya untuk jadi pengantar tidurmu.

Bahkan cara ini terbilang manjur bagi kamu yang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Dengarkanlah lagu-lagu yang memiliki tempo lambat dan santai, sehingga tubuh dan pikiranmu akan ikut santai ketika mendengarnya.
 

Kalau kamu susah

2. Tidur Jadi Lebih Nyenyak
       
       Musik sendiri memiliki manfaat untuk mengobati stress dan menenangkan pikiran. Sebuah studi membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membuatmu tidur lebih cepat dan nyenyak, lho!

Tempo musik dikatakan bisa memengaruhi detak jantungmu. Nah, jadi kalau kamu memasang lagu waktu tidur, pilihlah lagu-lagu yang memiliki tempo pelan, seperti lagu yang memiliki BPM yang lambat.

3     3. Tingkatkan Memori Otak
       
      Sebuah studi membuktikan bahwa mendengarkan musik saat tidur dapat membantu meningkatkan memori otakmu, lho!

Para peneliti menemukan bahwa suara yang disinkronisasi dengan ritme otak yang lambat dapat meningkatkan ritme otak yang kemudian meningkatkan memori dan kualitas tidur seseorang, lho.

“Keindahan terletak pada kesederhanaan menerapkan stimulasi pendengaran pada intensitas rendah,” ujar Dr. Jan Born dari Universitas TΓΌbingen, Jerman, dilansir dari Daily Mail.

Dr. Jan mengatakan bahwa peningkatan memori ini dapat berjalan efektif jika ritme suara atau lagu yang didengarkan berjalan selaras dengan ritme otak yang lambat ketika seseorang tidur nyenyak.
Meskipun ternyata mendengarkan musik saat tidur dapat memberimu manfaat, bukan berarti kamu jadi sering mendengarkan musik saat tidur, ya.

Kamu boleh mendengarkan musik saat tidur, tapi lakukanlah sesekali saja karena otakmu juga butuh istirahat setelah seharian bekerja.

Editor: Ria Juwita - Foto: www.pexels.com, www.today.com

Posting Komentar

0 Komentar