TAKJIL SEHAT, MUDAH DI BUAT


Saat Ramadhan tiba bukan melulu soal makan berat, tapi menu takjil juga menjadi salah satu menu yang banyak di buru orang banyak. Setelah seharian berpuasa, waktu berbuka puasa memang kerap ditunggu-tunggu. Selain sebagai titik rasa syukur, pada waktu itu juga merupakan waktu yang tepat mengisi perut agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun, tentunya harus dalam kadar secukupnya.
Biasanya, makanan takjil terdiri dari berbagai macam makanan yang didominasi oleh rasa manis. Tak heran memang jika berbuka puasa sebaiknya dengan makanan atau minuman yang manis, sebab tubuh bisa langsung mendapatkan energi baru dari asupan gula. Tapi, jangan asal pilih menu takjil saja ya, karena Anda juga harus memerhatikan kandungan gizi di dalamnya. Namun terkadang orang malas membuat takjil sendiri dan memilih untuk membelinya. Padahal ada lho resep takjil yang gampang, hanya pakai 2-3 bahan saja.

Nah, berikut adalah beberapa pilihan menu takjil sehat yang bisa Anda santap di waktu berbuka.

1. Smoothies buah



Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga Anda seketika. Ya, smoothies yang biasanya terbuat dari campuran yogurt atau susu dengan potongan buah segar ini tentu saja sehat. Bila Anda ingin smoothies yang sehat, maka sebaiknya pilih susu atau yogurt yang mengandung rendah lemak dan rendah gula. Rasa manis bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, kok. Anda hanya perlu tambahkan gula sedikit saja atau bahkan tidak perlu. Jadi jangan khawatir rasanya tidak enak. Minuman penuh serat ini bisa Anda coba sebagai menu takjil buka puasa. Tak perlu banyak-banyak, cukup satu cangkir saja Anda akan terasa kenyang dan rasa haus pun hilang. Satu gelas smoothies memiliki kalori sekitar 200-300 kalori, tergantung buah dan jenis susu apa yang digunakan. Ingin mencobanya?

2. Kolak pisang tanpa santan



Tak ada kolak di saat berbuka puasa pasti tak lengkap rasanya. Bagi Anda yang tak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak akibat kandungan santannya, jangan khawatir, Anda masih bisa mengakalinya, kok.Santan campuran kolak tersebut ternyata bisa Anda ganti dengan susu. Susu yang dipilih tentunya juga susu yang mengandung rendah lemak atau skim milk. Dengan begitu, Anda bisa lega karena tak ada bayang-bayang kandungan lemak yang tinggi. Lalu bagaimana dengan gulanya? Anda dapat mengganti gula merah – yang pada dasarnya sama saja seperti gula putih – dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat kolak Anda tetap manis, tetapi tetap aman untuk kadar gula darah Anda.

Laporan: Viona





Posting Komentar

0 Komentar