Terinspirasi Lindswell Kwok, Siswi SD Al-Kautsar Sabet Emas Kejuaraan Wushu Nasional

Siswi sekolah dasar asal Lampung, Rayi Kazhi Buana (9), berhasil mengukir prestasi di kancah nasional. Ia meraih medali emas dalam kejuaraan Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia di Surabaya, 3-6 Juli lalu. Rayi sejatinya masih duduk di kelas tiga SD Al-Kautsar. Namun sejak kelas satu SD, ia telah menyukai olahraga wushu.

Kejuaraannya di Surabaya bahkan bukan yang pertama. Sebelumnya, ia pernah meraih medali perunggu dari sederet pertandingan di Jawa. Sebelum kejuaraan di Surabaya, ia telah mengikuti kejuaraan di Banten dan Jakarta pada Mei 2018. Meski begitu, Ayi tak menyangka mendapatkan medali emas dalam kejuaraan di Surabaya. Ia harus berjuang keras untuk mencapai prestasi tersebut. Selain latihan rutin di sekolah pada Jumat, Sabtu, dan Minggu tanpa absen, ia juga mengikuti les privat wushu di Purwokerto, Jawa Tengah selama 15 hari.

Les privat itu ia ikuti selama masa libur sekolah. Jika pelajar lain berlibur, maka Ayi mengisi hari-hari libur sekolahnya dengan latihan wushu. Itu ia lakukan jauh dari tempat tinggalnya di Bandar Lampung. Masih belum cukup, Ayi juga masih meluangkan waktunya selama 30 menit setiap hari untuk memperbaiki gerakan wushu."Kalau latihan di sekolah selama dua jam di Sanggar Wushu Naga Mas Al-Kautsar. Selanjutnya latihan di rumah. Yang penting senang saja. Tidak ada dukanya, karena saya suka wushu. Saya suka gerakan-gerakannya, karena seperti menari," ceritanya sembari tersipu malu, Rabu (18/7).

Ayi mengaku memiliki idoal dalam dunia wushu ini. Yakni, Lindswell Kwok, seorang atlet wushu Indonesia dari Medan, Sumatera Utara. Saking mengidolakanya, ia terus melatih diri agar bisa setara dengan Lindswell Kwok. Ayi bahkan mengoleksi foto Lindswell Kwok. Hal ini pun dibenarkan sang ayah, K Sugeng Prijono. "Ayi sangat terinspirasi dengan Lindswell Kwok, makanya semangat, sangat mengidolakan. Bahkan sempat dilarang ikut dia tetap kekeh ikut wushu," sebutnya.  Sugeng menuturkan, saking mengidolakan, Ayi sering mengunduh video Lindswell Kwok saat menunjukkan jurus-jurus wushu. "Ya itu dilihat dan dipraktekkan, kan bela diri ini tidak beradu tapi keindaham gerak sehingga dia suka itu," ceritanya.

Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto





Posting Komentar

0 Komentar