4 Tips untuk Menggunakan Media Sosial Secara Bijak


Apa yang kamu cari saat menggunakan media sosial? Informasi baru atau malah stalking gebetan? Well, meski nyatanya media sosial diciptakan untuk kita ‘bersenang-senang’, sadar atau tidak, media sosial juga bisa memberikan dampak buruk bagi para penggunanya.
Contoh gampangnya adalah kita bisa saja bermusuhan dengan teman di dunia nyata hanya karena perbedaan cara pandang politik. Pertanyaannya, apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari hal-hal negatif saat bermain media sosial? Simak tips berikut ini.

1. ‘Puasa' media sosial
Jika dulu yang kita cari adalah informasi, sekarang yang harus kita lakukan justru adalah menyaring informasi. Kehadiran media sosial membawa dampak ‘overshare’ yang cukup mengganggu. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak terlalu sering untuk mengakses media sosial. 
Dikutip dari Psychologies, sebuah penelitian dari Departemen Psikologi University of Leeds bahkan menemukan bahwa, orang-orang yang terlalu sering mengakses media sosial cenderung lebih muda merasa cemas, tidak bahagia dan memicu depresi. Sekarang, coba lah untuk mengatur intensitas untuk bermain media sosial. Berpuasa media sosial sehari saja tidak akan membuat hidupmu berantakan, kok!
2. Hindari akun atau postingan yang negatif
Apakah kamu sering mendapati konten negatif yang muncul di timeline atau laman explore di media sosial? Hal ini tentu saja mengganggu karena banyaknya ujaran kebencian atau kalimat yang sarat dengan nada provokasi.
Jika dirasa sudah meresahkan, kamu bisa coba untuk menghindari konten-konten negatif itu dengan memblokir atau me-report akun tersebut. Ingat, sebagai pengguna media sosial yang bijak, jangan mudah terpancing untuk ikut terlibat dalam perdebatan di kolom komentar. Hal tersebut hanya akan buang waktu dan menguras energi kamu untuk hal yang enggak penting.
Jika merasa emosi kamu sedang tidak stabil, sebaiknya jauhkan diri dari handphone. Kita tidak tahu efek yang akan ditimbulkan jika kamu mem-posting sesuatu dalam keadaan gusar misalnya. Atau, ketika kamu ‘gatal’ ingin mengomentari postingan teman namun kamu tidak tahu betul apa yang sedang dirasakan teman kamu. Bisa saja maksud ingin bercanda malah membuat teman kamu jadi tersinggung.
4. Berinteraksi secara nyata
Kebiasaan untuk mengakses media sosial terlalu sering dapat membuat kamu teralihkan dari dunia nyata. Bahkan, waktu makan pun bisa berlangsung lebih lama karena kamu sibuk terpaku mengurus media sosial.
Cobalah untuk berinteraksi di dunia nyata. Kamu bisa ikut terlibat dalam sebuah komunitas atau menekuni hobi baru. Sesekali, hindari media sosial ketika sedang berkegiatan. Misalnya, ketika kamu sedang dalam perjalanan, nikmati saja hal-hal di sekitar yang bisa kamu amati. 

Sumber: www.msn.com


Posting Komentar

0 Komentar