10 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Daftar Organisasi Kampus


10 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Daftar Organisasi Kampus





Di awal tahun ajaran baru setiap perkumpulan mahasiswi pastinya membuka rekrutmen untuk menerima anggota baru. Setiap mahasiswi baru akan dibebaskan untuk memilih perkumpulan sesuai dengan minatnya.

Perekrutan mahasiswi bisa menjadi salah satu waktu paling menegangkan di semester baru untuk mahasiswi baru. Nantinya, mahasiswi baru akan dipenuhi dengan jadwal yang sibuk membagi waktu kuliah atau ikut berkumpul.

Sebagai calon anggota baru, tidak jarang merasa kewalahan, gugup dan bahkan tegang tentang situasinya. Lagi pula, hanya dalam jangka waktu beberapa hari, kamu diharapkan dapat memilih perkumpulan mahasiswi yang akan menjadi perkumpulan kamu nantinya.

Tetapi rasa cemas hanya akan menyebabkan kesalahan yang dapat berdampak negatif pada pengalaman yang terburu-buru, jadi jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sama halnya seperti merekrut calon anggota baru untuk sebuah perkumpulan mahasiswi, coba cari yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Berikut adalah beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan calon anggota baru saat terburu-buru mengikuti rekutmen dan bagaimana cara menghindarinya untuk lolos di perkumpulan mahasiswi yang dilansir dari hercampus.com, Selasa (28/8/2018), yaitu :


1. Jangan fokus ke beberapa mahasiswa saja
Hal yang diduga-duga atau asal menebak merupakan hal yang tidak adil. Jadi bagi kamu yang akan merekrut calon anggota baru di perkumpulan mahasiswi cobalah untuk terbuka dengan semua mahasiswi jangan memilah-memilih calon anggota sesuai kemauan diri sendiri. Para calon anggota baru juga ingin punya kesempatan yang sama untuk berkenalan dengan seniornya dan menjadi bagian dari perkumpulan mahasiswi.

2. Cari Tahu Informasi Tentang Perkumpulan Mahasiswi yang Akan kamu ikuti
Banyak calon anggota baru mengikuti rekrutmen dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang perkumpulan mahasiswi yang dipilih. Mereka sebelumnya belum terlalu paham dengan perkumpulan mahasiswi yang dipilihnya, nantinya ini akan menjadi masalah ketika pendapat Anda didengar mahasiswi lain dan menjadi perbincangan di media sosial dan lainnya.
Tentukan keputusan hanya pada persepsi kamu dan dari masing-masing perkumpulan mahasiswi. Apabila kamu diterima di perkumpulan mahasiswi tersebut cobalah pertimbangkan beberapa pertanyaan ini kepada diri kamu, seperti: Apakah saya merasa diterima di sini? Akankah nilai-nilai saya dihormati? Apakah saya bersemangat tentang misi dan visi perkumpulan mahasiswi ini? Akankah saya bangga dengan hubungan persaudaraan perempuan baru saya?

3. Hindari membandingkan pengalaman kamu dengan orang lain
Jangan pernah membandingkan diri anda dengan orang lain. Untuk hal yang satu ini memang tidak akan pernah habis dibahas, selalu ada iri hati tentunya sesama teman.
Apabila teman kita memiliki pengalaman yang banyak sedangkan kita hanya punya sedikit pengalaman cobalah untuk menerimanya, karena setiap mahasiswi mempunyai pengalamannya masing-masing. Sebisa mungkin hindari unuk tidak mengikuti rekrutmen perkumpulan mahasiswi yang sama, namun bila salah satu diantara kamu keterima di perkumpulan tersebut itu merupakan keberuntungan.
Jika pertemanan kamu tulus, pastinya kamu dan temanmu akan berteman sampai lulus walaupun berbeda perkumpulan mahasiswi.

4. Cobalah untuk tidak terlalu pendiam
Tidak ada yang salah dengan introvert secara alami. Tetapi cobalah menerima informasi sebanyak mungkin tentang setiap perkumpulan mahasiswi sebelum membuat keputusan. Memulailah dengan percakapan yang spontan dan ramah pada setiap calon anggota baru lainnya atau senor pasti akan mempengaruhi keseluruhan kesan percaya diri anda untuk diterima di perkumpulan mahasiswi.
Tidak usah takut dan malu untuk mencoba berkenalan dengan orang baru. Pastinya itu akan menguntungkan diri kamu karena memiliki teman baru.

5. Tetapi tetap menjadi dirimu sendiri
Jangan terlalu melebih-lebihkan kriteria calon anggota baru di perkumpulan mahasiswi. Nantinya akan beresiko pada calon anggota baru yang tidak jujur.
Para calon anggota baru tentunya akan merasa tidak nyaman dan tidak puas dengan hal yang dilebih-lebihkan pada perkumpulan mahasiswi yang dipilihnya apabila menjawab pertanyaan yang diluar dugaan. Tetapi tidak usah takut untuk menjawab tetaplah menjadi diri kamu sendiri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan senior nantinya.

6. Jangan takut untuk bertanya
Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang bisa dilakukan calon anggota baru. Senior selalu senang dan menghargai setiap pertanyaan tentang apapun, jadi cobalah untuk bertanya sebanyak mungkin apabila memang kamu belum tahu tentang perkumpulan mahasiswi yang kamu pilih.

7. Ingat untuk menyiapkan beberapa topik percakapan
Jangan terburu-buru bila ingin bertanya, cobalah untuk menyiapkan beberapa topik nantinya yang akan dibahas dengan senior atau para calon anggota baru. Hindari keheningan dan jeda dalam percakapan dengan berlatih beberapa pembuka percakapan ringan. Dianjurkan untuk menghindari topik seperti politik dan agama, karena ini sering mengarah ke argumen.

8. Berpakaian sopan tapi nyaman
Walaupun kegiatan ini hanya sebuah perkumpulan mahasiswi di kampus,cobalah untuk memodifikasi diri kamu untuk terlihat baik. Misalnya menggunakan pakaian rapi dan sopan itu akan enak untuk dilihat, gunakan alas kaki pun harus nyaman, misalnya flatshoes.

9. Ketahui dan patuhi aturan
Sangat penting bahwa kamu memperhatikan dan mengikuti aturan-aturan di kampus dan perkumpulan mahasiswi yang kamu pilih, termasuk kode etik dan perilaku. Aturan-aturan ini tidak dimaksudkan untuk membatasi, tetapi untuk mempromosikan rasa komunitas, disiplin dan menghormati organisasi dan untuk satu sama lain.

10. Jangan terlalu keras pada diri sendiri
Sangat mudah untuk merasa putus asa atau ditolak saat terburu-buru, terutama jika calon anggota lain diterima di perkumpulan mahasiswi yang kamu pilih, dan kamu tidak. Perasaan ini akan menghabiskan dan menghambat pikiran dan waktu kamu. Cobalah bergabung dengan perkumpulan mahasiswi lainnya, memang rezeki kamu diterima di perkumpulan mahasiswi tersebut.
Ingatlah semua hal yang dilakukan jangan terburu-buru, itu hanyalah sebuah permulaan. Dimana sebuah peralihan yang dilakukan oleh semua senior mahasiswi untuk menerima calon anggota baru di perkumpulan mahasiswinya. Para senior mahasiswi nantinya akan memberi tahu kepada kamu dengan bergabung di perkumpulan mahasiswi merupakan salah satu keputusan terbaik dalam karier kuliah mereka. Sebuah pengalaman ini akan memberikan kamu persahabatan seumur hidup, perjalanan kuliah dan kenangan yang tak terlupakan.

sumber: okezone
laporan : Imtinan Rana Putri

Posting Komentar

0 Komentar