7 Tipe dosen dan cara ngadepinnya biar IPKmu nggak terjun bebas!


Berbeda dengan guru di sekolah yang cara mengajarnya hampir setipe, dosen di kampus memiliki karakter sendiri-sendiri yang tentunya berbeda-beda.

Kalau udah memasuki dunia perkuliahan kalian bakal ketemu dengan yang namanya dosen. Berbeda dengan guru di sekolah yang cara mengajarnya hampir setipe, dosen di kampus memiliki karakter sendiri-sendiri yang tentunya berbeda-beda. Kali ini brilio.net bakal ngasih tahu kamu tipe-tipe dosen di kampus dan cara ngadepinnya biar IPK-mu bagus!





1. Dosen militer




Dosen yang satu ini biasanya sangat disiplin terutama urusan jam masuk, presensi dan tentunya tugas. Dosen seperti ini nggak pernah telat masuk kelas.

Kalau ngajar jam 08.00 biasanya dia jam segitu sudah sampai di kelas dan langsung dikunci dari dalam. Buat kamu yang telat juga bakal susah titip absen, karena dosen ini biasanya akan manggilin presensi satu-satu. Tugas juga gitu, telat ngumpulin nggak dapat nilai.

Cara ngadepinnya: Rajin bangun pagi kalau dosen ini ngajar kelas pagi, jangan sering bolos apalagi berani-berani titip absen. Karena sekali ketahuan bisa-bisa kamu nggak boleh ikut kelas buat seterusnya. Satu lagi, jangan berani-berani kamu tidur di kelasnya kalau riwayatmu belum pengen tamat.



2. Dosen ninja

Dosen ini suka ngilang-ngilang misterius dan bisa tiba-tiba ada. Misalnya hari pertama kuliah dia datang dan bagi modul, minggu kedua dia ngilang lagi nggak masuk, minggu ketiga tiba-tiba masuk dan langsung kuis! Pokoknya dosen kayak gini susah ditebak deh.

Cara ngadepinnya: Kamu harus pertajam pendengaran dan penglihatan buat cari info, tanya anak kelas lain atau kakak tingkat tentang mata kuliah yang diajar dosen ini. Waspada serangan balik, baca-baca sedikit biar kalau tiba-tiba kuis kamu nggak kaget. 


3. Dosen perpustakaan berjalan




Dosen tipe ini punya pengetahuan yang luas. Biasanya dia akan memberikan banyak referensi buku agar dibaca dan dipelajari mahasiswanya. Tidak hanya itu, dosen akan sering bertanya pada mahasiswa tentang isi dari buku tertentu. Berdiskusi dengannya akan menambah wawasan dan ilmu-ilmu baru.

Cara ngadepinnya: Mau nggak mau kamu harus rajin ke perpus biar lebih mudah mengikuti perkuliahannya. Ini juga berlaku saat UTS dan UAS, biasanya dosen ini akan ambil materi dari buku tesebut.





4. Dosen pelit nilai
 



Dosen ini biasanya memegang teguh istilah 'Nilai A hanya milik Tuhan'. Dosen ini standar nilai sangat tinggi hingga jarang banget mahasiswa yang bisa dapat nilai A. Bahkan dosen seperti ini tidak segan-segan untuk tidak meluluskan mahasiswanya.

Cara ngadepinnya: Belajar ekstra, walau nggak bisa dapet A setidaknya kamu bisa dapat B+. Jangan berani-berani lengah di mata kuliah dosen ini. Karena sekalinya kamu malas, bisa-bisa nilaimu langsung terjun bebas atau malah nggak lulus. Jangan lupa berdoa, siapa tau dosenmu jadi khilaf dan nulis huruf A di nilai akhirmu.

5. Dosen tua

Dosen-dosen tua biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang studinya, dan juga mempunyai segudang pengalaman untuk dibagi. Karena sudah tua, biasanya mereka nggak aneh-aneh waktu ngajar. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya karena dosen tua lebih cepat lelah.

Kelemahannya karena sudah tua biasanya gaptek, saat ngajar biasanya masih pakai OHP atau slide manual. Bahkan seringkali kamu juga diharuskan mencatat karena mereka nggak punya softcopy.

Cara ngadepinnya: Dari kelemahannya kamu harus hadir sebagai sosok mahasiswa yang selalu sigap bantu menyalakan komputer atau OHP. Bawain buku-buku yang dibawanya ketika masuk kelas.

Atau bantu dia saat turun atau naik tangga. Alhasil kamu bakal diapalin sama dia sebagai mahasiswa baik, dijamin akan ngaruh ke nilaimu. Cari muka dikit nggak apa-apa kan?


6. Dosen pelawak




Nggak sedikit dosen yang seringkali berusaha mencairkan suasana dengan berusaha ngelucu. Tujuannya menghibur mahasiswa agar tidak terlalu tegang. Walau kadang lelucon yang dilontarkan nggak lucu dan garing.

Cara ngadepinnya: Mau lucu mau nggak pokoknya kamu harus ketawa atau bahkan menimpali jokes garing dosenmu itu. Maksudnya biar suasana bisa jadi bener-bener cair. Dosenmu pun jadi lebih enak saat melanjutkan materi, kamu juga yang akan menerima manfaatnya. 



7. Dosen normal







Ini dia dosen yang paling disukai mahasiswa. Dosen yang ini normal-normal aja. Kadang telat, kadang on time. Kalo nggak bisa ngajar ngasih kabar dulu. Di kelas juga ngajar aja selayaknya seorang dosen, kadang ngasih kuis dan tugas.

Dan ketika waktu ujian, kalau kamu belajarnya bener, kamu bisa dapet A, kalau nggak belajar ya bisa nggak lulus. Dosen seperti ini juga biasanya adil dalam memberi nilai.

Cara ngadepinnya: Kuliah dengan normal-normal aja. Serius tapi tetap santai. Kuncinya satu, saat kamu KRSan pilihlah dosen dengan tipe-tipe seperti ini sebanyak mungkin. Dijamin hidupmu dalam satu semester akan sejahtera.

Nah itu dia guys, tipe dosen dan cara ngadepinnya versi brilio. Tapi walau dosenmu kadang ngeselin dan bikin kamu geregetan, gimanapun juga mereka adalah sosok yang harus kamu hormati ya!







Posting Komentar

0 Komentar