Inilah 4 beasiswa fully-funded yang bikin mimpi kuliah S2 di luar negeri akan menjadi kenyataan!


Melanjutkan kuliah keluar negeri pasti impian semua intelektual muda di Indonesia. Mungkin, bagi sebagian mahasiswa di Indonesia menggangap hal itu hanya sebuah mimpi yang sangat sulit diraih. Selain masalah kemampuan akademik yang dipertaruhkan, juga masalah pendanaan yang sangat besar. Nah, bagi intelektual muda yang mempunyai mimpi kuliah keluar negeri kalian tepat banget nih membaca artikel ini. Karena kami telah meringkas empat beasiswa S2 keluar negeri yang fully-funded!

1. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP merupakan beasiswa yang berasal dari Pemerintah Republik Indonesia.  Apabila kamu terseleksi dalam beasiswa ini kamu akan mendapatkan beasiswa penuh  mulai dari akomodasi, biaya studi, biaya hidup selama studi, bahkan biaya bantuan  riset dan reward. Beasiswa ini tidak menerapkan sistem kuota dan selalu dibuka tiap tahunnya, namun bukan berarti bahwa beasiswa ini mudah ditaklukan karena berbagai seleksi administratif dan subtantif  ketat yang harus dilalui oleh para pendaftar dari berbagai penjuru Indonesia. LPDP mengalokasikan beasiswa afirmasi (beasiswa dengan kondisi khusus) sebesar 30% dengan kondisi berikut : daerah 3T (Terluar, tertinggal, terdepan), ekonomi lemah dengan intelektual kuat, dan penerima beasiswa lain dibawah kelayakan. Alumni LPDP harus menyalurkan kontribusinya ke Indonesia setelah masa studi dengan turut ikut serta dalam program-program alumni LPDP.

2. Beasiswa Fullbright


Beasiswa fullbright merupakan beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) untuk para intelektual muda yang berburu beasiswa untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di universitas-universitas di Amerika Serikat. Beasiswa ini sangat dikenal oleh sebagian besar pemburu beasiswa karena pendaftarannya dibuka untuk umum setiap tahun dan penerima beasiswa akan menerima beasiswa penuh meliputi visa J-1, tiket pesawat (Pulang Pergi) Indonesia-Amerika, biaya studi, biaya hidup, termasuk asuransi kesehatan dan kecelakaan. Pelamar bisa mendaftar untuk semua bidang studi yang ditawarkan di universitas-universitas di Amerika. Pengecualian pada bidang yang menyangkut perawatan pasien, pelatihan medis, atau sekolah kedokteran.

3. Beasiswa Chevening

Siapa nih intelektual muda yang ingin melanjutkan kuliahnya di Inggris? Jangan khawatir, karena pemerintahan inggris telah menyediakan beasiswa Fully-funded yang ditawarkan untuk pelamar beasiswa dari Indonesia setiap tahunnya. Beasiswa ini menyediakan banyak pilihan universitas dan program studi yang bisa dilamar untuk melanjutkan studi di inggris. Beasiswa Chevening atau Chevening Scholarship didanai oleh pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office. Kandidat yang disasar oleh Beasiswa Chevening adalah mereka yang memiliki prestasi dan calon calon pemimpin masa depan terbaik.

4. Beasiswa NZAS

Adakah yang menunggu program Beasiswa dari Pemerintah New Zealand ini? Beasiswa ini tersedia untuk para pelamar yang telah menyelesaikan studi sarjana yang ingin melanjutkan studinya di New Zealand. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh. Bagi pelamar Indonesia, Beasiswa NZAS memberikan beberapa prioritas untuk kategori pelamar tertentu, misalnya: pelamar menunjukan kemampuam akademik, memiliki kualitas kepemimpinan, serta berkomitmen untuk membangun negaranya.

Jadi inilah 4 beasiswa Fully-funded untuk melanjutkan studi S2 keluar negeri yang telah di ringkaa oleh rakanila. Kalian jangan khawatir, selain 4 beasiswa ini masih ada puluhan jenis beasiswa lainnya kok, jadi kalian harus rajin-rajin mencari info ya intelektual muda. Yuk jangan takut bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri dan mari membangun negeri kita menuju negeri yang beredukasi tinggi!

By: Alfilia Sanjaya

Posting Komentar

0 Komentar