Meksiko Lakukan Perayaan Bagi Mereka yang Sudah Tiada


Pada umumnya, jika memeringati kematian anggota keluarga selalu menyedihkan, maka berbeda dengan Meksiko. Tradisi Dia de Muertos atau The Day of the Dead, mengubah acara kematian tidak lagi dengan kesedihan tetapi melalui perayaan dan rasa bahagia. Tradisi ini semakin terkenal sejak Disney dan Pixar membuat Film Coco dengan tema cerita Dia de Muertos.

Dia de muertos sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Hari Peringatan bagi Orang-orang yang Telah Meninggal. Sebuah hari raya yang selalu diperingati di Meksiko. Hari raya ini dimaksudkan untuk mengumpulkan keluarga dan teman agar mendoakan dan mengenang mereka yang sudah tiada. Selain itu, adanya tradisi ini dipercaya akan membantu perjalanan spiritual para arwah.

Tradisi ini dilakukan selama 3 hari, dan termasuk ke dalam libur nasional. Tanggal tersebut yaitu 31 Oktober, 1 dan 2 November.

Pada malam 31 Oktober, para keluarga berkunjung ke makam untuk membersihkannya, serta menghias dan meletakkan beberapa barang kesukaan mereka.

Tanggal 1 November merupakan perayaan untuk almarhum anak-anak yang dinamakan
Dia de Muertos Angelitos. Sedangkan 2 November adalah Dia de Muertos Difuntos, perayaan bagi almarhum orang dewasa.

Pada tanggal-tanggal tersebut rakyat
Meksiko yakin bahwa orang yang telah tiada ikut datang ke rumah dan berpesta. Maka dari itu, para arwah akan sedih jika keluarga mereka tidak mengadakan tradisi Dia de Muertos ini. Sebab artinya, mereka telah dilupakan dan akan menghilang selamanya.

Dalam perayaan ini ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan. Keluarga harus membuatkan altar (
offrenda) bagi yang sudah meninggal. Dalam altar tersebut dipajang foto mereka dan diisi dengan beberapa makanan sajian.

Beberapa makanannya, yaitu gula-gula yang berbentuk tengkorak (
calavera), bunga marigold aztek, labu permen, pan de muerto (roti kematian), piloncillo (gula khas Meksiko), dan bubur buah pilihan. Mereka percaya bahwa semua sajian itu akan dimakan oleh arwah-arwah tersebut.

Seperti yang dikisahkan dalam
Film Coco. Ketika perayaan ini selesai, para arwah akan kembali ke alamnya dengan perasaan gembira karena masih diingat oleh keluarganya.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana tradisi
Dia de Muertos, kamu bisa lihat selengkapnya di Film Coco.

Editor: Maharani Legita - Foto: id.wikipedia.org

Posting Komentar

0 Komentar